PosKupang/

Langgar Batas Negara, Lima Nelayan Indonesia Ditangkap Patroli Australia

Mereka ditangkap karena memasuki wilayah Australia dan melakukan penangkapan ikan di wilayah teritorial Australia.

Langgar Batas Negara, Lima Nelayan Indonesia Ditangkap Patroli Australia
Net
Ilustrasi 

Laporan Reporter Pos Kupang, Eflin Rote

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Australian Fisheries Management Authority (AFMA) mengamankan sebuah kapal nelayan asal Indonesia KM Hidup Bahagia pada Minggu (8/10/2017) pukul 01.40 waktu setempat.

Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kupang, Mubarak S St Pi mengatakan, kapal tersebut ditangkap dalam operasi gabungan di wilayah perairan perbatasan antara Indonesia dan Australia. Mereka ditangkap karena memasuki wilayah Australia dan melakukan penangkapan ikan di wilayah teritorial Australia.

“Kapal yang tertangkap itu berasal dari Sulawesi, tapi mendapat izin melaut di wilayah perairan NTT. Mereka ditangkap karena menangkap ikan di lokasi utara dari Cape Londonderry, Northern Territory, Australia,” ucap Mubarak, Kamis (12/10/2017) di Kupang.

Mubarak mengatakan, pada hari Sabtu (7/10/2017) sekitar pukul 19.45 waktu Australia, Maritime Border Comand melihat kapal nelayan Indonesia yang berlabuh 125 nautical mile atau knot barat laut Cape Van Diemen atau kira kira 190 nautical mile barat laut Darwin.

AFMA meminta kapal perang Australia (HMAS Pirie) untuk menanggapi dan menemukan kapal KM Hidup Bahagia.

HMAS Piries kemudian menahan lima awak kapal dengan nahkoda Karman dan para ABK yakni Sarwan, Supri, Pahari dan Rendi. Kapal ini memiliki ijin dari Pemerintah Kota Kupang untuk melaut di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur atau berlabuh di Pelabuhan Tenau Kupang.

Pihak Australia menemukan sebanyak 100 kg umpan di dek, 200 kg ikan termasuk hiu utuh dan 200 mata pancing. “Lima orang nelayan ini telah ditangkap dan dibawa ke Darwin untuk penyelidikan lebih lanjut. Lima orang nelayan ini dinyatatakan dalam keadaan sehat,” tambah Mubarak. (*)

Penulis: Eflin Rote
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help