PosKupang/

Bila Masih Berani Menggunakan Alat Ini, Maka Anda Harus Siap Ditertibkan Polisi

Ini yang ditegaskan Kasat Lantas Polres Kupang Kota terkait penggunaan sirene oleh oknum tidak bertanggungjawab

Bila Masih Berani Menggunakan Alat Ini, Maka Anda Harus Siap Ditertibkan Polisi
Pos Kupang/Eflin Rote
Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi 

Laporan Reporter Pos Kupang, Eflin Rote

POS KUPANG.COM, KUPANG - Penertiban kendaraan yang menggunakan rotator dan sirine secara illegal atau tidak sah akan dilaksanakan Satuan Lalu Lintas Polres Kupang Kota.

Kapolres Kupang Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi Anthon CN melalui Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi mengatakan, berdasarkan Undang-undang 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, penggunaan rotator hanya boleh digunakan oleh pihak keamanan saja dalam hal ini adalah polisi.

"Dalam undang-undang itu sudah jelas kalau rotator dan sirine ini hanya boleh dipergunakan polisi. Jadi nantinya ketika melakukan operasi dan menemukan kendaraan yang menggunakan rotator atau sirine maka kami akan tindak tegas karena kami berpegang pada undang-undang nomor 22 Tahun 2009," ujar Rocky, Kamis (12/10/2017) di Kupang.

Selama ini penggunaan rotator atau sirine untuk mendapatkan prioritas dan masih banyak masyarakat yang merasa ditakut-takuti dan tidak sekedar bergaya menggunakan rotator atau sirine.

Rocky berharap masyarakat yang menggunakan rotator atau sirine ini bisa tertib dan tidak menggunakannya lagi.

Untuk pengawalan pejabat, lanjut Rocky, menjadi sepenuhnya kewenangan Satuan Lantas. Ia menghimbau kepada para pejabat khususnya yang ada di Kota Kupang, jika membutuhkan pengawalan maka pihaknya siap memfasilitasi.

"Kewenangan pengawalan sebenarnya ada pada kami di lantas sehingga tidak menyalahi aturan. Kami sudah dua kali mengirimkan surat kepada pemerintah kota terkait pengawalan ini karena seperti yang saya bilang tadi kalau berdasarkan undang-undang maka penggunaan rotator atau sirine hanya boleh oleh kepolisian," tambah Rocky.

Rocky menjelaskan lampu rotator ada tiga jenis yakni yang berwarna merah, kuning dan biru. Untuk rotator yang berwarna biru digunakan oleh petugas kepolisian, warna merah digunakan pemadam/ambulans dan pengawalan yang dilakukan TNI atau mengawal tahanan sedangkan yang berwarna kuning untuk patroli jalan tol dan kendaraan besar/mobil derek. (*)

Penulis: Eflin Rote
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help