PosKupang/

Meteran Boleh Saja Gratis, Tetapi Pemakaian Air Harus Bayar

Ini penjelasan dari Direktur PDAM Kabupaten Manggarai, Klemens Man terkait pemasangan meteran air gratis di kecamatan

Meteran Boleh Saja Gratis, Tetapi Pemakaian Air Harus Bayar
Net
Ilustrasi

Laporan wartawan Pos Kupang, Aris Ninu

POS KUPANG.COM, RUTENG - PDAM Tirta Komodo di Kabupaten Manggarai yang mengurusi air bersih bagi warga di daerah ini sudah memasang 1.988 meteran gratis di rumah warga di tujuh kecamatan di Manggarai.

Tujuh kecamatan yang mendapatkan program pemasangan meteran gratis bagi warga berpenghasilan rendah yakni Satar Mese, Satar Mese Barat,Wae Rii, Cibal, Reok dan Langke Rembong

Pemasangan meteran gratis bagi warga berpenghasilan rendah itu merupakan program pemerintah pusat bagi Manggarai kerjasama tiga lembaga yakni Kementerian PU, Keuangan dan Bappenas.

Pemasangan meteran gratis tersebut kini sedang dalam tahap verifikasi di lapangan oleh konsultan perencana dari pusat.

Selesai pemeriksaan dari konsultan, Tim BPKP akan turun ke lapangan guna melakukan pemeriksaan sebelum pencairan dana dari pemerintah pusat kepada Pemkab Manggarai.

"Jadi, pemasangan 1.988 meteran di tujuh kecamatan ini menggunakan dana penyertaan modal dari Pemkab Manggarai sebesar Rp 6 miliar pada tahun 2017. Dana tersebut dipakai guna melakukan pemasangan jaringan air ke rumah. Penyertaan modal tersebut tertuang dalam kesepakatan pemerintah dan dewan. Dana pemasangan meteran gratis bagi warga berpenghasilan rendah akan diganti pemerintah pusat setelah ada pemeriksaan oleh konsultan perencanaan dan BPKP,"ujar Direktur PDAM Tirta Komodo, Klemens Man yang mengirim data ke Pos Kupang, Senin (9/10/2017) siang.

Klemens menjelaskan, saat ini tim konsultan dari pusat sedang berada di lapangan mengecek program pemasangan meteran gratis di tujuh kecamatan.

Tim ingin memastikan apakah penerimaan program tersebut sesuai nama yang dikirim ke pusat atau tidak. Selain itu, tim ingin memastikan benar tidak ada pemasangan meteran gratis di rumah warga.

"Saya selaku Direktur PDAM Manggarai merasa senang dengan cara kerja seperti ini. Kenapa saya senang karena prestasi kerja PDAM Manggarai dipantau dan dinilai. Hasil kerja yang baik baru dilakukan pencairan uang. Maka itu tim akan mengecek di lapangan kalau tidak sesuai pasti dampaknya tidak ada pencairan dana. Apalagi program pemasangan meteran gratis ini sudah dilakukan sejak tahun 2016 sampai 2019. Maka itu,PDAM ingin melakukan yang terbaik," tegas Klemens.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memasang meteran gratis dan jaringan perpipaan dari sumber mata air menuju ke pemukiman warga. Di mana pemasangan meterannya tidak dikenakan biaya. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help