PosKupang/

Sepi, Hari Pertama Pendaftaran Partai Politik di Kabupaten Nagekeo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nagekeo telah membuka pendaftaran partai poliytik peserta Pemilu 2019, Selasa (3/10/2017).

Sepi, Hari Pertama Pendaftaran Partai Politik di Kabupaten Nagekeo
POS KUPANG/ADIANA AHMAD
Sekretaris DPD II Golkar Nagekeo, Kristianus Dua Wea ketika berkonsultasi dengan KPU Nagekeo tentang syarat pendaftaran Parpol. Ia diterima Anggota Komisioner KPU Nagekeo, Querinus Eleuterius (tengah) dan dua staf KPU Nagekeo, Selasa (3/10/2017). 

 Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, MBAY - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nagekeo telah membuka pendaftaran partai poliytik peserta Pemilu 2019, Selasa (3/10/2017).

Namun, sampai pukul 17.00 Wita belum satu pun parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Nagekeo.

Hari itu hanya ada Sekretaris DPD II Golkar Nagekeo, Kristianus Dua Wea yang datang berkonsultasi ke KPU Nagekeo.

Kristianus Dua Wea yang diterima Anggota Komisioner KPU Nagekeo, Quirinus Electerius dan didampingi dua syaf KPU Nagekeo, mengatakan, kedatangannya ke KPU hanya sekedar meminta penjelasan tambahan terhadap beberapa pasal dalam Peraturan KPU terkait syarat pendaftaran parpol.

Salah satu poibt yang membutuhkan penjelasan menurut Krist, soal jumlah minimal anggota parpol.
Krist mengatakan, Golkar menyialkan 1.500 anggota atau jauh lebih tinggi dari syarat minimal 1.000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk.

Namun Anggota Komisioner KPU Nagekeo, Quirinus Elenterius mengingatkan, jumlah anggota parpol yang disampaikan pengurus parpol di kabupaten/ kota harua sama dengan jumlah anggota yang disampaikan pengurus pusat parpol tersebut.

"Tidak boleh kurang, tidak boleh lebih," kata Elenterius.

Elenterius mengatakan, meski jadwal pendaftaran parpol telah dibuka hari itu, namun pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari KPU pusat melalui Sipol.

"Kita tunggu informasi dari KPU melalui Sipol. Kalau berkas pendaftaran pengurua pusat dari Parpol sudah masuk ke KPU, KPU kabupaten/ kota baru bisa tindak lanjuti," kata Elenterius.

Kristianus Dua Wea yang ditemui di Kantor KPU Nagekeo, Selasa siang, mengatakan, dirinya hanya berkonsultasi ke KPU tentang persyaratan pendaftaran parpol karena ada beberapa persyaratan butuh penjelasan tambahan.

"Kita masih melengkapi dokumen pendaftaran yang dibutuhkan pengurus pusat. Jika sudah lengkap, dan pengurus pusat sudah mendaftar ke KPU, baru kita tindak lanjuti di kabupaten," jelas Krist.
Krist menegaskan, secara organisasi, Golkar sudah siap menghadapi Pemilu 2019. (*)

Penulis: Adiana Ahma
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help