Mendikbud Resmikan SMPN 8 Kupang Guru Makin Bergairah Mengajar

Selama ini SMPN 8 Kupang Timur masih menggunakan gedung darurat tapi dengan gedung baru yang diresmikan Mendikbud maka gairah

Mendikbud Resmikan SMPN 8 Kupang Guru Makin Bergairah Mengajar
edi hayong
POS KUPANG/EDI HAYONG PRASASTI - Mendikbud RI, Prof. Dr. Muhamadjir Effendy,MAP menandatangani prasasati peresmian lima sekolah di NTT dipusatkan di SMPN 8 Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Sabtu (30/9/2017). 

POS KUPANG.COM, OELAMASI -Yane Falukas, guru honorer di SMP Negeri 8 Kupang Timur merasa bangga dan senang karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof. Dr. Muhamadjir Effendy,MAP, menyambangi sekolah mereka. Kehadiran Mendikbud sebagai motivasi buat para guru untuk terus bersemangat serta gairah dalam mengajar, juga mendorong anak-anak untuk rajin belajar.

Selama ini SMPN 8 Kupang Timur masih menggunakan gedung darurat tapi dengan gedung baru yang diresmikan Mendikbud maka gairah mengajar guru semakin baik.

Yane Falukas, dimintai tanggapannya saat kunjungan Mendikbud di SMPN 8 Kupang Timur, Sabtu (30/9/2017) menuturkan, atas nama staf pengajar dan para siswa, ia menyampaikan kebanggaan dan rasa senang karena Mendikbud bisa lihat langsung keadaan sekolah mereka.

Ia berterima kasih kepada Mendikbud yang memperhatikan mereka dengan pembangunan sekolah baru sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman. Kekurangan yang ada, lanjut Yane, buku-buku dan fasilitas pendukung lainnya apalagi dukungan orangtua masih rendah.

Para staf pengajar di sekolah ini kebanyakan honorer dan satu PNS, yakni kepala sekolah. Untuk itu, dengan gedung baru, dan Mendikbud sudah memotivasi para guru dan siswa maka diharapkan ke depan semangat belajar dan dukungan orangtua makin lebih baik.

Kehadiran Mendikbud, Prof. Dr. Muhamadjir Effendy,MAP di SMPN 8 Kupang kaitan dengan meresmikan lima sekolah di NTT, yakni, SMK Katolik St. Markus di Kabupaten Sikka, SMAN 1 Inerie Kabupaten Ngada, Sekolah Keberbakatan olah raga Flobamorata Kota Kupang, SDN Palanggay di Kabupaten Sumba Timur, SMPN 8 Kupang Timur di Kabupaten Kupang.

Turut mendampingi Mendikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc, Ph,D, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno, dan pejabat lainnya.

Mendikbud dalam arahannya mengatakan,kehadirannya di NTT untuk meresmikan lima sekolah guna menjawabi harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dimana presiden berjanji memperhatikan persoalan pendidikan di wilayah NTT.

"Saya harapkan dengan gedung sekolah baru, anak-anak semakin rajin belajar. Tidak ada pilihan lain untuk membangun NTT maka harus bangun sumber daya manusia (SDM) yang handal. Kalau anak-anak NTT sudah pintar-pintar maka dengan mudah mengelola sumber daya yang lain. Pemerintah pusat terus dorong dengan menyediakan fasilitas pembelajaran tapi pemerintah daerah harus turut membantu. Pemerintah pusat memperhatikan seluruh provinsi bukan hanya di NTT, sehingga pemda harus ikut membantu sekolah-sekolah yang ada di daerah ini," pinta Mendikbud.

Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya mengatakan, persoalan pendidikan yang dihadapi di NTT adalah kekurangan sarana dan prasarana, fasilitas pendukung pembelajaran, tenaga guru masih terbatas dan mengalami kekurangan.

Jika pada tahun mendatang ada kebijakan penerimaan guru maka gubernur berharap skala prioritas bagi NTT sebagai daerah perbatasan. (yon)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved