PosKupang/

GM PLN NTT Kristiono Tinjau Panas Bumi Atadei-Lembata dalam Rangka Eksplorasi

Peninjauan tersebut dalam rangka eksplorasi panas bumi oleh manajemen PT PLN (Persero).

GM PLN NTT Kristiono Tinjau Panas Bumi Atadei-Lembata dalam Rangka Eksplorasi
POS KUPANG/FRANS KROWIN
General Manager (GM) PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Kristiono (tengah) bersama Manager PLN Area Flores Bagian Timur (Arif) dan Manajer PLN Rayon Lembata, H Tarsisius (kiri) dan karyawati PLN setempat saat bergaya di depan kantor PLN setempat, Kamis (28/9/2017). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA – General Manager (GM) PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Kristiono meninjau lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) Watu Wawer di Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata.

Peninjauan tersebut dalam rangka eksplorasi panas bumi oleh manajemen PT PLN (Persero).

Hal itu juga sebagai tindak lanjut dari surat manajemen PT PLN Pusat kepada manajemen PLN Wilayah NTT tentang hal tersebut.

“Saya sudah ke Atadei dan melihat langsung lokasi panas bumi di Watu Wawer. Ke depan, PLN akan melakukan sosialisasi tentang rencana pemerintah mengeksplorasi panas bumi tersebut,” ujar Kris saat berada di Lewoleba, Kamis (28/9/2017).

Dikatakannya, saat ini manajemen PLN sedang menunggu penerbitan surat izin wilayah kuasa pengusahaan. Sambil menunggu hal itu, PLN berencana melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang eksplorasi panas bumi tersebut.

Menurut dia, yang harus dilakukan pemerintah saat ini, adalah menyiapkan infrastruktur agar lebih baik lagi. “Jalan dari Lewoleba ke Atadei itu harus dibangun lebih baik sehingga memudahkan mobilisasi alat-alat berat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dirinya bersama Manager PLN Area Flores Bagian Timur, Arif, telah merasakan betapa beratnya medan ke lokasi panas bumi. Kondisi jalannya sangat memrihatinkan.

Untuk itu, lanjut dia, agar mendukung mobilisasi alat-alat berat ke lokasi tersebut, alangkah baiknya mulai sekarang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata memperbaiki kondisi jalan yang rusak tersebut.

“Pemerintah sebaiknya segera memperbaiki kondisi jalan yang ada, sehingga saat tiba waktunya kami memobilisasi alat-alat berat ke Atadei, kondisi jalan yang rusak-rusak itu  telah menjadi lebih baik,” ujar Christiono.

Ia mengatakan, pemerintah telah berencana mengeksplorasi dan eksploitasi panas bumi di Atadei. Dan, PLN sebagai lembaga teknis, tentunya segera melaksanakan pekerjaan teknis untuk mewujudkan komitmen pemerintah melistriki seluruh desa di Lembata.

Menurut dia, beberapa tahun lalu, PT Westindo Geothermal telah memulai eksplorasi panas bumi di Watu Wawer. Namun manajemen perusahaan tersebut tidak melanjutkannya hingga pemerintah menunjuk PLN sebagai perusahaan negara yang melaksanakan pekerjaan tersebut.

Untuk itu, katanya, dirinya meminta masyarakat agar mendukung PLN dalam mengeksplorasi dan eksploitasi panas bumi tersebut. Ini penting agar pekerjaan yang akan dilaksanakan nanti, berjalan lancar seperti harapan bersama. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help