PosKupang/

Minum Susu Kambing untuk Kesehatan Termasuk Baik untuk Sakit Diabet

Diabetes yang terjadi karena penurunan fungsi pankreas (kelenjar ludah perut) memproduksi insulin, bisa disembuhkan dengan susu kambing.

Minum Susu Kambing untuk Kesehatan Termasuk Baik untuk Sakit Diabet
(ANTARA FOTO/Ampelsa)
Peternak memerah susu kambing di pertenakan kambing kawasan bekas tsunami, Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Kamis (11/12).

POS KUPANG.COM - Menyebut nama kambing dalam persepsi kebanyakan tidak terlepas dari bau perengus. Jadi, tidak salah jika ditawarkan susu kambing, sebagian besar akan menolak karena bau yang merangsang itu.

Padahal, peternak sudah paham bahwa mencegah bau itu dengan cara membersihkan ambing (kelenjar berbentuk kantong yang berputing dua atau lebih) dengan lap yang dicelupkan air hangat. Lap itu akan mengangkat minyak di kulit ambing sehingga bau perengus sementara tercuci.

Susu kambing mempunyai karakteristik yang sangat baik bagi tubuh karena mempunyai butiran protein yang halus sehingga mampu masuk dalam lapisan sel untuk meregenerasi bagian sel yang rusak.

Protein susu sapi tidak bisa masuk dalam pembuluh kapiler di alveolus (kantong udara dalam paru-paru), tetapi butiran protein susu kambing mampu masuk dan meregenerasi sel-sel alveolus yang rusak. Penderita asma banyak yang meminum susu kambing untuk penyembuhannya.

Saat ini sudah banyak peternakan kambing bermunculan di setiap daerah. Bukan tidak mungkin nanti di setiap kota akan dengan mudah ditemukan penjualan susu kambing.

Harga tinggi

Minat beternak kambing juga makin meningkat karena harga jual susu yang empat kali lipat dari harga susu sapi. Harga susu kambing segar memang masih tinggi, yaitu Rp20 ribu sampai dengan Rp25 ribu per liter, sementara harga susu sapi hanya Rp4.500,00 s.d. Rp6.000,00/liter.

Tingginya harga karena susu kambing dimanfaatkan sebagai terapi alternatif berbagai penyakit. Selain gangguan pernapasan, seperti asma atau infeksi paru-paru, sejumlah penyakit ternyata mampu disembuhkan oleh konsumsi susu kambing secara rutin.

Diabetes yang terjadi karena penurunan fungsi pankreas (kelenjar ludah perut) memproduksi insulin, bisa disembuhkan dengan susu kambing. Protein susu kambing mampu memperbaiki bagian kelenjar pankreas yang rusak.

Pujo, warga Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo membuktikan bahwa diabetes sembuh dengan rajin mengonsumsi susu kambing. Kebetulan dia sendiri mempunyai ternak kambing Kaligesing.

Halaman
123
Editor: Ferry_Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help