PosKupang/

Beasiswa untuk Anak Petani

Hanya dengan Tanam Sorgum di Flores Timur, Bisa Sekolah dan Kuliah Gratis

Adalah Mama Maria Loretha yang tanpa mengenal lelah terus memperkenalkan sorgum kepada masyarakat di wilayah itu.

Hanya dengan Tanam Sorgum di Flores Timur, Bisa Sekolah dan Kuliah Gratis
ISTIMEWA
Inilah anak-anak petani sorgum di Flores Timur yang mendapatkan beasiswa untuk sekolah dan kuliah. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Hanya dengan menanam sorgum, masa depan cerah dan sejahtera bukan lagi sekadar impian. Tak hanya kebutuhan makan minum keluarga yang terpenuhi, tetapi kebutuhan lain seperti pendidikan juga terpenuhi.

Apa yang dilakukan para pegiat atau petani sorgum di Kabupaten Flores Timur patut diacungi jempol. Adalah Mama Maria Loretha yang tanpa mengenal lelah terus memperkenalkan sorgum kepada masyarakat di wilayah itu.

"Memang secara ekonomi belum memberikan dampak signifikan. tapi UB Sorgum Likotuden menunjukan transaksi perputaran uang di luar dugaan. Dalam tempo 19 bulan sudah mencapai Rp 190 juta. Hanya dengan modal awal mereka dari penjualan sorgum Rp 2.750.000. Padahal ini desa miskin," jelas Maria Loretha yang dihubungi, Selasa (26/9/2017).

"Kita juga sudah punya sekolah berbasis sorgum yang dimulai dari PAUD atau TK atas dukungan dari Direktorat PAUD Kementrian Pendidikan Nasional," ujarnya.

Menurutnya, semua berkat sorgum sehingga pelan-pelan mulai mendapat perhatian dari mereka yang peduli dengan pertanian dan pendidikan di NTT. Dari sorgum ini, sudah tujuh anak petani di Kampung Sorgum Desa Kawalelo disekolahkan gratis di SMK ITI di Pandeglang Banten dan ada juga yang kuliah gratis di Undana.

"Mulai dari sekolah, asrama, pakaian semua gratis. Lalu tahun ini dua anak petani sorgum di Tanjung Bunga dapat beasiswa dari YKK PT Kalbe Farma. Kebetulan mereka pintar dan lolos Faperta Undana, Kupang," jelasnya.

Anak petani sorgum Tanjung Bunga yang diterima di Fakultas Pertanian Undana Kupang adalah Elisabet Hera Mukin (Elsa) dan Maria Tela Koten (Mira). **

Penulis: sipri_seko
Editor: sipri_seko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help