PosKupang/

Kalau Pernah Mengalami Radang Tenggorokan, Hati-Hati Memilih Obat

Ini yang disarankan bila anda mengalami radang tenggorakan. Pilih obat yang tepat untuk itu

Kalau Pernah Mengalami Radang Tenggorokan, Hati-Hati Memilih Obat
g-stockstudio
Ilustrasi sakit tenggorokan, panas dalam 

POS KUPANG.COM - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami radang tenggorokan. Radang tenggorokan sangat tidak nyaman untuk dirasakan, apalagi ketika sedang menelan makanan. Untung banyak obat radang tenggorokan yang dijual bebas tanpa harus tebus resep dokter.

Pertanyaannya, jika memang ada banyak pilihan, bagaimana cara memilih obat radang tenggorokan yang ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan yang sedang Anda rasakan?

Tidak semua radang tenggorokan yang terjadi pada setiap orang sama. Sehingga, mengetahui tentang jenis radang tenggorokan yang sedang Anda rasakan adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum memilih obat radang tenggorokan yang tepat.

Pengobatan untuk setiap jenis radang tenggorokan berbeda-beda sesuai jenisnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari radang tenggorokan.

Virus. Biasanya, radang tenggorokan disebabkan oleh serangan virus dan bertahan paling lama lima hingga 7 hari. Radang tenggorokan semacam ini akan hilang sendiri, sehingga tidak dibutuhkan pengobatan medis.

Zat-zat tertentu. Selain infeksi virus, radang tenggorokan juga bisa dihasilkan karena asap rokok, alergi terhadap zat tertentu, atau iritasi karena polusi udara.

Trauma/cedera. Trauma atau cedera pada area tenggorokan dan leher dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan. Misalnya Anda menelan makanan atau tulang ikan yang menyebabkan iritasi pada laring dan tenggorokan.

Bakteri. Ternyata bakteri juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Biasanya, bakteri yang menyerang tenggorokan adalah jenis Streptococcus pyrogenes.

Jika disebabkan oleh bakteri tersebut, bisa jadi adalah radang tenggorokan yang serius karena jika tidak diobati dengan benar, radang tenggorokan ini bisa menyerang telinga (otitis media) hingga menyerang organ lain seperti jantung, otak, ginjal hingga tulang. Sehingga, Anda butuh pengobatan lebih jauh oleh dokter jika bakterilah yang menyebabkan radang tenggorokan.

Bagaimana cara mengetahui mana yang saya alami?

Halaman
123
Editor: marsel_ali
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help