PosKupang/
Home »

Bisnis

» Mikro

DKPKP Manggarai Dekatkan Pangan ke Rumah Warga Melalui Program Ini

Sasaran program ini adalah kelompok wanita di desa-desa dan kelurahan yang dibina menanam tanaman hortikultura

DKPKP Manggarai Dekatkan Pangan ke Rumah Warga Melalui Program Ini
POS KUPANG/EUGENIUS MOA
SEMANGKA - Bupati Manggarai, Kamelus Deno mengangkat semangka di kebun usaha hortikultura, Selasa (19/7/2016). 

 Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Hilarius Adeodatus Ninu

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Manggarai kini melakukan program Kawasan Rumah Pangan Lestari guna mendekatkan pangan bagi rumah tangga.

Sasaran program ini adalah kelompok wanita di desa-desa dan kelurahan yang dibina menanam tanaman hortikultura dan memelihara ternak kecil serta ikan.

"Bantuan bagi kelompok wanita di desa dan kelurahan berupa adana Rp 15 juta perkelompok.Tujuan kelompok wanita ini bisa menggerakkan kaum wanita lainnya agar menanam sayur di halaman rumah dan memelihara ternak kecil."

"Tujuannya hanya ingin meningkatkan gizi dalam keluarga. Ibu-ibu pun bisa memanen sayur di halaman rumah tanpa harus ke pasar setiap hari," kata Kadis KPKP Manggarai, Vinsen Marung di Ruteng, Jumat (22/9/2017) pagi.

Vinsen mengungkapkan, kelompok wanita yang sudah didampingi dinasnya berada di Kecamatan Ruteng di Desa Compang Dalo dan Ray. Di Kecamatan Satar Mese di Desa Ruang dan di Kecamatan Wae Rii di Desa Golo Cador dan Bangka Kenda.

“Kelompok tani yang mendapatkan bantuan dana untuk menanam pangan di kawasan rumah akan ditambah lagi tahun depan. Kami ingin semakin banyak warga yang menanam tanaman hortikultura dan memelihara ternak kecil di halaman rumah. Dengan pangan dekat, maka pertumbuhan gizi dalam keluarga bisa terjaga. Anak-anak bisa diberikan gizi tanpa harus membuang biaya yang besar,” ujar Vinsen.

“Pada puncak HPS Kabupaten Manggarai tanggal 17 Oktober 2017 akan kita pamerkan tanaman hortikultura yang telah ditanam dinas di Kolam Dalo,” papar Kadis Vinsen.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help