PosKupang/

Ini Saran Anggota DPRD Flotim Mengatasi Kondisi Rawan Pangan

Ini saran dari Anggota DPRD Flotim untuk mengantisipasi rawan pangan di tengah masyarakat Flotim

Ini Saran Anggota DPRD Flotim Mengatasi Kondisi Rawan Pangan
Pos Kupang/Felix Janggu
Anggota DPRD Flotim, Simeon Saka 

Laporan wartawan Pos Kupang, Felix Janggu

POS KUPANG.COM, LARANTUKA - Simeon Saka, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Flores Timur mengungkapkan kekecewaannya akan ketidakseriusan pemerintah merespon kesulitan masyarakat Wotanulumado akibat gagal panen.

Masyarakat Kecamatan Wotanulumado saat ini, kata Simeon sudah merasakan dampak gagal panen tahun 2017.

Pemerintah melalui dinas teknis, kata Simeon, sudah turun mendata masyarakat penerima dampak, tetapi sampai saat ini bantuan kepada mereka tidak pernah direalisasikan.

Simeon meminta masyarakat Flotim mengantisipasi kekeringan dengan menanam tanaman substitusi yang lebih tahan kekeringan.

"Kalau Padi dan Jagung sulit hidup, tanam Ubi atau Sorgum. Jangan terlalu harap pemerintah membantu semuanya, tidak akan ada yang bantu," kata Simeon, Kamis (14/9/2017).

Simeon mengungkapkan setelah pendataan korban gagal panen beberapa waktu lalu, realisasi bantuan selanjutnya belum diterima oleh masyarakat.

"Saya minta kalau masyarakat kita sudah didata, saat bantuan sudah ada, bantuan itu segera direalisasikan kepada masyarakat," kata Simeon.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur Anton Wukak Sogen dihubungi terpisah mengungkapkan kekurangan pangan yang dialami masyarakat Flores Timur saat ini sebagai akibat dari penurunan produksi.

Penurunan produksi Jagung dan Padi tersebut sebagai akibat langsung dari bencana angin kencang yang melanda masyarakat Flotim awal 2017.

"Kalau tentang rawan pangan ini tanyakan di badan ketahanan pangan," kata Wukak Sogen.

Dinas Pertanian, kata Wukak Sogen, mengintervensi dengan membangun dam parit, Kakao, Jambu Mente dan lainnya. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help