PosKupang/

Aduh! Auditor Gadungan BPKP NTT Tipu Bendahara Desa di Sikka

Ini penjelasan dari Pengacara PIT terkait dengan dugaan penipuan terhadap bendahara desa di Kolisia B, Kabupaten Sikka

Aduh! Auditor Gadungan BPKP NTT Tipu Bendahara Desa di Sikka
Ist
Ilustrasi

Laporan wartawan Pos Kupang, Eginius Mo'a

POS KUPANG.COM, MAUMERE - Hari Jumat lalu (8/9/2017) sekitar pukul 20.00 Wita, PIT ditangkap di kamar kos, Kampung Napung Langir, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

Warga Desa Ratewali Selatan, Kecamatan Welamosa, Kabupaten Ende, berurusan dengan aparat Polres Sikka atas dugaan penipuan.

Mengaku sebagai auditor Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTT, PIT memperdayai Bendahara Desa Kolisia B, Kecamatan Magepanda, Martha Sero, uang senilai Rp 10.565.000.000.

Martha percaya dengan trik yang dimainkan PIT. Berbekal surat tugas dengan logo dan kop BPKP NTT, PIT mengaku bertugas memeriksa keuangan desa 2015-2016.

Ternyata pengambilan pajak galian golongan C belum disetor desa itu ke daerah. PIT menawarkan jasanya untuk menyetor.

Surat tugas itu dibuat sendiri setelah melihat surat tugas BPKP NTT melalui internet. Ia lalu mengetik di sebuah warnet di Kota Maumere.

Menurut kuasa hukum PIT, Victor Nekur, S.H, kepada Pos Kupang, Kamis (14/9/2017), PIT menyasar ke Kolisia hanya kebetulan lewat dua bulan yang lalu.

Terdesak kebutuhan hidup serumah dengan istrinya yang harus dipenuhi, Irene menjalankan aksi tipu daya. Seluruh uang penipuan telah dihabiskan belanja kebutuhan.

Victor mengatakan, tersangka minta maaf kepada masyarakat Desa Kolisia dan warga Kabupaten Sikka. Orangtua dan sanak famili berkeinginan mengembalikan uang yang diambilnya dari bendahara Desa Kolisia B.

"Saya akan fasilitasi pengembalian uang ini, karena ini juga baru pernah terjadi. Alasan pengembalian ini karena ini uang milik rakyat Desa Kolisia," ujar Victor. (*)

Penulis: Eugenis Moa
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help