Kodim Ende Bersama Warga Buka Jalan Baru Sepanjang 8 Km, Hemat Anggaran Rp 640 Juta

Jalan baru itu untuk membuka akses isolasi karena selama ini kedua desa tersebut sulit di jangkau sarana transportasi

Kodim Ende Bersama Warga Buka Jalan Baru Sepanjang 8 Km, Hemat Anggaran Rp 640 Juta
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Dandim 1602 Ende, Letkol Kav Suteja membawakan materi, Kamis (31/8/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM, ENDE - Kodim 1602/Ende menggelar kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Sebanyak 150 personil TNI bersama warga terlibat membuka jalan baru sepanjang 8 Km.

Jalan dimaksud menghubungkan dua desa, yakni Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu dan Desa Tenda, Kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende.

Dandim 1602/Ende, Letkol Kav Suteja menjelaskan, TMMD ke-100 tersebut dilaksanakan selama 26 September - 25 Oktober 2017.

Menurut Suteja jalan baru itu untuk membuka akses isolasi karena selama ini kedua desa tersebut sulit di jangkau sarana transportasi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ditemui di Aula Makodim 1602/Ende, Suteja mengatakan pengerjaan jalan baru melibatkan masyarakat .

"Bentuk kebersamaan dan semangat gotong-royong untuk menciptakan kemanunggalan, solid dan semangat kebersamaan dalam membangun desa," ujarnya.

Suteja mengatakan nilai posiitf yang didapatkan dari pelaksanaan TMMD selain adanya hasil fisik berupa jalan baru juga setidaknya bisa menghemat keuangan negara.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, menunjukan bahwa apabila dikerjakan oleh pihak rekanan dalam bentuk proyek maka bisa menelan dana sebesar Rp 1,440 miliar.

Namun karena dikerjakan oleh TNI bersama masyarakat sehingga hanya menghabiskan anggaran Rp 880 Juta. Dengan demikian terjadi penghematan anggaran sebesar Rp 640 Juta.

Selain kegiatan fisik, lanjutnya, pelaksanaan TMMD juga difokuskan pada kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan dan penyuluhan pertanian serta pengarahan tentang semangat nasionalisme dan bela negara.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help