PosKupang/

Tambah Fasilitas Pemadam Kebakaran dan Personel di Kota Kupang

Menurut data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, hingga bulan Agustus sudah terjadi 71 kali kebakaran. Artinya,

Tambah Fasilitas Pemadam Kebakaran dan Personel di Kota Kupang
POS KUPANG/YENI RAHMAWATI TOHRI
Jaket pasukan pemadam kebakaran. Gambar diambil, Selasa (5/9/2017). 

POS KUPANG.COM -- Membaca data kebakaran di Kota Kupang selama tahun 2017, kita seharusnya buka mata.

Menurut data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, hingga bulan Agustus sudah terjadi 71 kali kebakaran. Artinya, rata-rata delapan kasus kebakaran setiap bulan.

Angka ini di satu sisi menakutkan, tetapi di sisi lain harus mendorong kita untuk menemukan cara terbaik mencegah kebakaran di kota ini. Harus kita akui Kota Kupang terus berkembang, baik dari sisi jumlah penduduk maupun pemukiman. Bahkan di tempat tertentu terjadi konsentrasi penduduk dan pemukiman.

Dengan perkembangan seperti ini, setiap penduduk di kota ini harus mulai sadar kebakaran. Artinya, apa yang dilakukannya jangan sampai menimbulkan kebakaran. Sekadar iseng membakar semak atau rumput kering harus dihentikan.

Rumah-rumah yang dibangun pun sedapat mungkin tidak gampang terbakar. Instalasi listrik di rumah atau kantor dibuat seaman mungkin dengan bahan-bahan yang bermutu. Itu baru tindakan pencegahan.

Ketika terjadi kebakaran, kita juga harus tahu mengatasinya mulai dari cara yang paling sederhana sampai menggunakan peralatan canggih.

Selama ini mungkin kita lebih mengharapkan peran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang. Kita selalu mengeluhkan lambatnya petugas mengatasi sebuah kebakaran.

Tetapi setelah mendengar keluhan dari pejabat Dinas Pemadam Kebakaran, ternyata upaya mereka tidak kecil dengan standar operasional yang ketat.

Seringkali kerja mereka tidak maksimal karena terbatasnya SDM dan fasilitas pendukung, seperti mobil pemadam kebakaran, mobil tangki air dan hydrant.

Jelasnya, Pemerintah Kota Kupang yang baru secepatnya meningkatkan jumlah dan mutu personel dinas ini. Demikian pun fasilitasnya.

Kalau mengacu pada rencana induk pembangunan Kota Kupang, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Mesakh R. Bailaen, mestinya setiap kecamatan di kota ini ditempatkan satu mobil pemadam dan satu mobil tangki.

Mengingat saat ini ada enam kecamatan di Kota Kupang, maka dibutuhkan enam mobil pemadam dan enam mobil tangki air, selain mobil yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran.

Saat ini yang ada baru di Dinas Pemadam Kebakaran berjumlah enam unit, itu pun hanya tiga unit yang berfungsi.

Berdasarkan data ini, tidak cuma kesadaran dari warga kota ini yang harus ditingkatkan, tetapi Pemkot dan DPRD Kota Kupang perlu segera mengalokasikan angggaran untuk pengadaan, baik personel maupun fasilitas mobil pemadam kebakaran maupun mobil tangki air untuk Dinas Pemadam Kebakaran.

Dengan demikian, setiap kasus kebakaran bisa dicegah dan ditanggulangi secepatnya dengan kerugian seminimal mungkin. *

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help