PosKupang/
Home »

Bisnis

» Mikro

Panen Bawang Merah di Kabuna, Bupati Belu Minta BPTP Ciptakan Teknologi Penyiraman Tanaman

Willy Lay meminta BPPTP menciptakan teknologi pertanian yang memudahkan para petani menyiram tanaman mereka.

Panen Bawang Merah di Kabuna, Bupati Belu Minta BPTP Ciptakan Teknologi Penyiraman Tanaman
POS KUPANG/EDY BAU
Bupati Belu, Willy Lay memperlihatkan bawang merah jenis tuk-tuk yang baru dipanen di Dusun Weraihenek, Desa Kabuna, Kabupaten Belu, Kamis (7/9/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA — Bupati Belu Willy Lay melakukan panen simbolis bawang merah jenis tuk tuk di Dusun Weraihenek, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Kamis (7/9/2017).

Pada acara panen di lahan milik Kelompok Tani Manebala ini, Willy Lay meminta Badan Pengkajian  Teknologi Pertanian (BPTP) menciptakan teknologi pertanian yang memudahkan para petani menyiram tanaman mereka.

Dia lantas menceritakan pengalamannya melihat langsung bagaimana petani di Timor Leste yang menggunakan teknologi penyiraman yang lebih maju, dan juga petani di Selandia Baru yang menggunakan teknologi penyiraman menggunakan alat sehingga pada waktu yang sudah ditentukan, alat tersebut langsung melakukan penyiraman.

“Kalau bisa BPPTP menciptakan tekonologi untuk warga perbatasan. Menyiram tanaman pakai timer. Kalau bisa terjadi seperti itu, maka lahan seluas apa pun bisa digarap oleh petani kita,” ujarnya.

Kepala BPTP Provinsi NTT, Dr. Syamsudin pada kesempatan itu mengatakan siap mendampingi para petani di Kabupaten Belu dalam menerapkan teknologi pertanian yang ada.

Bawang tuk tuk yang dipanen hari ini, lanjutnya, merupakan kelompok dampingan dari BPTP.

Dia berharap ini menjadi titik awal bagi BPPTP untuk terus mendampingi para petani. Selain untuk meningkatkan produksi, juga memperkenalkan teknologi pertanian yang ada.

“Tentunya juga bagaimana warga perbatasan bisa menikmati apa yang mereka kerjakan. Soal ekspor, itu sudah terkait dengan nilai jual,” ujarnya.

Bupati Belu, Willy Lay memperlihatkan bawang merah jenis tuk-tuk yang baru dipanen di Dusun Weraihenek, Desa Kabuna, Kabupaten Belu, Kamis (7/9/2017).
Bupati Belu, Willy Lay memperlihatkan bawang merah jenis tuk-tuk yang baru dipanen di Dusun Weraihenek, Desa Kabuna, Kabupaten Belu, Kamis (7/9/2017). (POS KUPANG/EDY BAU)

Untuk diketahui, acara panen simbolis ini turut hadir Staf Ahli Menteri Bidang Infrastruktur Pertanian Kementan RI, Dr. Ani Andayani, Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi NTT, Dr. Syamsudin, Wakil Ketua DPRD Belu, Beny Hale, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Belu, Sabina Mautaek, Camat Raihat dan sejumlah anggota kelompok tani. (*)

Penulis: Frederikus Riyanto Bau
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help