Dampak Pembangunan Jalan ke Bendungan Raknamo, Warga Manusak "Makan Debu" Setiap Hari

Bahkan anak sekolah yang melintasi kawasan ini hanya menutup mulut dan hidung menggunakan tangan tanpa masker mulut.

Dampak Pembangunan Jalan ke Bendungan Raknamo, Warga Manusak
POS KUPANG/EDY HAYON
Truk pengangkut material untuk proyek jalan negara jurusan Desa Manusak ke Bendungan Raknamo, saat melintasi kawasan ini debu beterbangan seperti tampak pada gambar yang diabadikan, Kamis (7/9/2017) petang. 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Edy Hayon

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Warga Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, setiap hari "makan debu" dari proyek jalan nasional yang menghubungkan desa itu ke Bendungan Raknamo.

Warga yang bermukim di sepanjang sisi kiri kanan jalan proyek tersebut setiap hari membersihkan debu yang beterbangan masuk hingga ke rumah mereka.

Bahkan anak sekolah yang melintasi kawasan ini hanya menutup mulut dan hidung menggunakan tangan tanpa masker mulut.

Pantauan Pos Kupang di jalur jalan Manusak-Raknamo, Kamis (7/9/2017), kendaraan truk pengangkut material sejak masuk cabang Jalan Negara Timor Raya sudah terlihat debu beterbangan.

Para warga yang melintasi jalur ini, baik yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua, harus menutup mulut dan hidung.

Debu yang terbawa angin masuk ke halaman dan rumah warga.

Di beberapa rumah terlihat debu menempel di kaca jendela juga di lantai rumah dan peralatan dapur.

Salah satu warga Manusak,Robi (siswa kelas II SMAN Naibonat), mengakui selama ini jika diri ke sekolah berjalan kaki melewati jalan yang sedang dikerjakan ini. Dirinya tidak menggunakan masker mulut ketika melintasi jalur ini dan kendaraan truk setiap jam selalu melintas dan debu beterbangan.

"Ya, saya selalu tutup mulut dan hidung dengan tangan saja. Saya tidak ada sapu tangan dan masker mulut. Rambut penuh dengan debu termasuk sepatu dan pakaian seragam. Sekarang musim angin lagi jadi saya setengah mati. Rumah-rumah yang ada di pinggir jalan penuh dengan debu," katanya.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved