Belu Juara Favorit Kejurda Inkai Prestasi NTT di Sumba Barat Daya

Intitut Karate-do Indonesia (Inkai) Kabupaten Belu berhasil merebut posisi juara team Favorit.

Belu Juara Favorit Kejurda Inkai Prestasi NTT di Sumba Barat Daya
ISTIMEWA
Tim Inkai Belu yang mengikuti kejurda di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA - Intitut Karate-do Indonesia (Inkai) Kabupaten Belu dalam keikutsertaannya pada turnamen Karate Inkai Prestasi NTT yang berlangsung di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) berhasil merebut posisi juara team Favorit.

Selain keluar sebagai juara team Favorit, sebanyak sembilan Atlit dari lima ranting Inkai yang berada di Kabupaten Belu, itu juga berhasil meraih tujuh medali pada turnamen yang berlangsung sejak tanggal 22-24 Agustus 2017 lalu.

Pelatih Inkai Kabupaten Belu yang juga anggota Komunitas perbatasan 17, Jordy Rihi mengemukakan bahwa, keikutsertaan Inkai Belu dalam turnamen ini sangat penting karena merupakan kesempatan bagi setiap atlet karate dalam mengembangkan bakat untuk meraih prestasi.

“Ini selain mensosialisasikan olahraga bela diri karate khususnya Inkai di kalangan masyarakat Perbatasan Kabupaten Belu, juga memotivasi dan memacu semangat setiap atlit untuk meraih prestasi sebagai wujud bela negara melalui olah raga,” kata Jordy kepada wartawan di Atambua, Selasa (5/9/2017).

Pertandingan karate ini menurutnya, dapat memberikan nilai positif sekaligus daya dukung terhadap tersedianya atlet-atlet karate Inkai Kabupaten Belu yang dapat diandalkan untuk mewakili Kabupaten Belu sebagai daerah perbatasan dalam event lain yang berskala nasional bahkan internasional.

“Kejayaan atlet karate Inkai Kabupaten Belu harus bangkit dari masa keterpurukannya setelah sebelumnya sudah mengukir sejumlah prestasi terbaik,” ujarnya.

Sekretaris Inkai Kabupaten Belu Vitalys Nong Naen mengharapkan semua pelatih, Senpai dan MSH Kabupaten Belu untuk tetap memberikan bimbingan kepada para atlit Inkai Belu.

“Kepada pelatih, kedepannya lebih kompak sehingga dapat memberikan pembinaan yang baik bagi para karate-do yang ada, sehingga mereka mampu tampil dalam kejuaran karate di tingkat Nasional,” harap Vytalis yang juga mantan atlet NTT itu.

Kepada para atlet yang berprestasi tambah Vytalis, agar kedepannya selalu menghargai dan jangan selalu bangga dengan apa yang diraih, tetapi selalu berusaha dalan mempertahankan apa yang diraih nantinya.

“Saya merasa terharu dan bangga sekali kepada para atlet yang telah memberikan sumbangsinya melalui prestasi yang diraih. Para atlet yang belum mendapatkan juara agar lebih giat lagi berlatih dan selalu percaya diri serta selalu memiliki tekad dan yakin bahwa "saya harus juara" dan mengikuti petunjuk serta arahan pelatih,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rincian perolehan 7 medali dari sembilan atlet di antaranya tiga emas diraih dari Komite Kategori Senior Putri Klas 55 kg oleh Lidya de Araujo, Komite Kategori Senior Putra Klas 75 kg oleh Pratu Rollin Jakarta Putra (Anggota Yonif R Sus 744/Syb), Komite Kategori Senior Putra Klas 84 kg oleh Karlos Butin.

Tiga (3) perak diraih dari Komite Kategori Cadet Putri Klas 45 kg oleh Dwi Sartika Sari, Komite Kategori Senior Putra Klas 84 kg oleh Pratu Joao Sanco M (Anggota Yonif R Sus 744/Syb), Komite Kategori Under Putra Klas 60 kg oleh Prada Indra Zangga (Anggota Yonif R Sus 744/Syb).

Satu (1) perunggu diraih dari Komite Kategori Junior Putra Klas 50 kg oleh Juventus Malik dan 1 Piala tetap Ketua Umum Inkai Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai team Favorit Kejurda Inkai Prestasi NTT 2017. (*)

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help