PosKupang/

Berita Timor Rote Sabu

Bupati TTU : Desa Cenderung Salahgunakan Dana Desa

pegelolaan dana desa kurang optimal bahkan cenderung terjadi penyalahgunaan dana oleh pemerintah desa.

Bupati TTU : Desa Cenderung Salahgunakan Dana Desa
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes

Laporan Wartawan Pos-Kupang, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU--Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Sau Fernandes terus mengingatkan para kepala desa agar membaca buku-buku peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan dana desa.

Sebab keberadaan desa akhir-akhir ini banyak menuai polemik.

Banyak pihak yang menganggap pegelolaan dana desa kurang optimal bahkan cenderung terjadi penyalahgunaan dana oleh pemerintah desa.

Raymundus mengatakan demikian hampir di setiap kesempatan terutama saat acara pelantikan kepala desa. Dalam sambutannya saat pelantikan kepala Desa Eban, Wenseslaus Pilis, Senin (4/9/2017).

Raymundus menegaskan empat hal kepada para kepala desa, pertama, libatkan masyarakat dalam proses perencanaan dan pengawasan dana desa.

Pelibatan masyarakat sangat penting karena mereka yang paling tahu kebutuhannya dan secara langsung menyaksikan bagimana pembangunan di desanya.

Kedua, perangkat desa harus membaca buku-buku peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan dana desa dan pengadaan barang dan jasa. Hal ini penting karena sesuai fakta, kompetensi kepala desa dan perangkat desa terkait pengelolaan dana desa masih terbatas.

Ketiga, optimalkan peran lembaga-lembaga desa seperti BPD dan lembaga adat dalam pemberdayaan masyarakat dan demokrasi tingkat desa. Kepala desa mesti membuka diri dan mampu bekerja sama dengan BPD dan lembaga adat serta PKK.

Keempat, kepala desa tidak boleh sendiri dalam membelanjakaan keuangan desa, tetapi melibatkan perangkat desa yang berwewenang seperti bendara.

Membelanjakan sendiri akan berpotensi penyalahgunaan keuangan desa dan praktik seperti itu justru merendahkan harkat dan martabat kepala desa. (*)

Penulis: Teni Jehanas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help