PosKupang/

Inilah Kiat Pengusaha Cuci Mobil Memanjakan Para Konsumen

Ernest mengatakan, ia lebih suka ke tempat cuci mobil karena lebih bersih dicuci dengan fasilitas yang bagus dan standar.

Inilah Kiat Pengusaha Cuci Mobil Memanjakan Para Konsumen
ilustrasi 

POS KUPANG.COM - Mencuci mobil biasanya membutuhkan waktu lama yakni sekitar satu jam. Untuk itu para pemilik tempat cuci mobil lazimnya menyiapkan fasilitas ruang tunggu yang baik dan nyaman bagi konsumen.

Hal ini disampaikan pemilik mobil Ernest Gultom di tempat cuci mobil di Jalan WJ Lalamentik, Kota Kupang, pekan lalu.

Ernest mengatakan, ia lebih suka ke tempat cuci mobil karena lebih bersih dicuci dengan fasilitas yang bagus dan standar.

"Kalau cuci di rumah hanya bodi luar, sementara di tempat cuci, mereka gunakan hidrolik, mobilnya diangkat sehingga di bawah kolong bisa dicuci bersih. Semua kotoran yang menempel tebal bisa dikeluarkan," ujarnya.

Selain itu di tempat cuci mobil ia bisa duduk santai sambil menunggu mobilnya selesai dibersihkan.

Ernest biasanya memilih tempat yang pas kosong. "Saya cari tempat yang kosong sehingga tunggu tidak lama. Fasilitas cuci mobil di kota ini rata-rata sama saja," katanya. Ke depan, demikian Ernest, perlu disiapkan ruang tunggu yang bagus sehingga orang yang menunggu lebih nyaman. Bisa juga menyediakan Wifi dan AC.

Paul Bola dan Zadrak Malehere, mengatakan, memilih mencuci mobil di tempat cuci mobil karena tidak ada waktu untuk mencuci sendiri karena kesibukan bekerja. Keduanya mengatakan, dalam seminggu mereka mencuci mobil dua kali jika mobil melewati medan berlumpur seperti ke luar kota.

Saat ini, rata-rata jalan di Kota Kupang sudah bagus sehingga paling dua minggu sekali atau seminggu sekali kalau benar-benar lumpur atau debu.

"Alasan mencuci mobil di tempat cuci mobil karena tidak ada waktu untuk mencuci mobil di rumah dan mencucinya membutuhkan waktu lama. Sedangkan di tempat cuci mobil waktunya 30-40 menit, itu kalau sepi dan kalau ramai bisa satu jam. Satu bulan bisa empat kali kalau mobil kotor, karena sering ke luar kota. Kalau hanya pakai di dalam kota dan tidak kotor cuci dua kali sebulan. Biaya satu kali cuci Rp 50 ribu. Di Kota Kupang banyak tempat cuci mobil dan biasanya masyarakat memilih tempat yang sedang kosong," kata Paul.

Selain itu, lanjut Paul, mencuci mobil sendiri biasanya tidak bersih seperti yang dilakukan di tempat cuci mobil, seperti di kolong tidak bisa dicuci, peralatan juga tidak ada.

Di rumah, demikian Paul, paling mencuci menggunakan ember, kain lap dan air, sedangkan di tempat cuci mobil bisa vakum menyedot debu, dikasih kilat , kolongnya menggunakan hidrolik sehingga kotoran yang lengket bisa copot.

Menurut dia, kenyamanan sangat penting bagi pemilik mobil dalam menggunakan mobil. Dengan demikian, mobil harus sering dicuci dan dibersihkan.

Ini juga berhubungan dengan kecelakaan, di mana kalau kondisi dalam mobil bersih dan fresh akan membuat orang nyaman mengendarai mobil.

Selain itu, kata Paul, kebersihan mobil juga cerminan diri pemilik mobil tersebut. Jika mobil bersih dan wangi, orang akan melihat bahwa pemiliknya juga bersih. (nia)

Penulis: apolonia_m_dhiu
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help