Warga Desa Compang Mekar, Matim Rentan Terhadap Soal Kesehatan Ibu dan Anak

Ternyata, hal ini yang menjadi masalah di Desa Compang Mekar, Kabupaten Manggarai Timur

Warga Desa Compang  Mekar, Matim Rentan Terhadap Soal Kesehatan Ibu dan Anak
Istimewah
Para petugas kesehatan saat pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Compang Mekar, Manggarai Timur 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM, KUPANG - Sebanyak 7 orang mahasiswa yang sedang mengikuti Kerja Kuliah Nyata (KKN) dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang mengadakan kegiatan Bakti Sosial.

Kegiatan Baksos itu berupa, pemeriksaan gratis, pengobatan dan sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak yang melibatkan 130 orang warga Desa Compang Mekar Kecamatan Lambaleda Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Baksos tersebut dilaksanakan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Manggarai Timur dalam hal ini Puskesmas Wae Nenda pada Kamis (31/8/2017).

Demikian pers realese yang diterima Pos Kupang melalui email dari Irwan Saleh Putra, pada Jumat (1/9/2017) sekitar pukul 10.30 Wita.

Irwan menjelaskan, kegiatan itu bentuk pengabdian mahasiswa KKN Undana yang sedang mengaikuti KKN di Desa Compang Mekar.

Ketua KKN Undana Desa Compang Mekar, Wensilaus Naggur, menyebutkan, jumlah mahasiswa KKN di Desa Compang Mekar ada tujuh orang antaralain, Prudensius I. Saleputra, Paskalis Jediu, Victorandy Seo, Imaculata Ratna Mbambus, Nadya Penkati dan Nikolaus Fandy.

Sementara Kepala Desa Compang Mekar, Blasius Kasbun, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh para mahasiswa tersebut.

"Secara pribadi saya sangat mengapresiasi dan antusias sekali dengan adanta kegiatan yang dimaksud. Karena masalah terkait dengan KIA sangat rentan terjadi di Desa Compang Mekar," ujar Kasbun.

Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan yang sudah dilaksanankan inibisa mendorong dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan bisa merubah pola pikir masyrakat untuk selalu berkonsultasi tentang pentingnya kesehatan. Lebih khusus melalukan proses kelahiran bayi di Puskesmas.

Menurut seoramg warga, Elias Lalong, mengaku bangga bisa mengetahui bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat dalam rangka menjaga kesehatan.

"Saya sangat senang sekali dengan ada kegiatan seperti ini setidaknya sangat membantu kami masyarakat untuk lebih mengenal dan memahami prosedur sebenarnya dalam menjaga kesehatan dan juga mempercayai pihak puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,"ungkap Lalong.

Kegiatan ini berjalan lancar hingga selesai. Ini juga berkat dukungan semua pihak di Desa Compang Mekar Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help