PosKupang/

STNK Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengurusnya

Nah, buat Anda yang mengalami STNK hilang, masih bisa diurus dan diganti oleh polisi, asalkan telah memenuhi semua persyaratan.

STNK Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengurusnya
Pos Kupang/ant
Warga menunjukkan STNK yang baru diperpanjang di Samsat Keliling, Jakarta, Selasa (3/1/2017). Pemerintah melalui Kepolisian Republik Indonesia akan menerapkan tarif baru penerbitan dan pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serentak secara nasional mulai 6 Januari 2017 dengan besaran dua hingga tiga kali dari tarif lama. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

POS-KUPANG.COM | TAK Tak sedikit pengguna mobil atau motor yang kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Penyebabnya sangat banyak, bisa hilang atau tertinggal bersama dompet, hingga karena kecopetan.

Nah, buat Anda yang mengalami hal seperti itu jangan khawatir. Sebab, masih bisa diurus dan diganti oleh polisi, asalkan telah memenuhi semua persyaratan.

Seperti dilansir laman NTMCPolri, Senin (28/8/2017), persyaratan utama, yaitu KTP pemilik kendaraan yang asli atau foto copy, foto copy STNK yang hilang, surat keterangan hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat, dan BPKB asli serta foto copy.

Lantas, prosedur pengurusannya, sebagai berikut:

- Cek fisik kendaraan. Foto copy hasil cek fisiknya.
- Mengisi formulir pendaftaran.
- Mengurus Cek blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
- Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. (Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat).
- Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).
- Membayar biaya pembuatan STNK baru.
- Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).  (otomania.com)

Editor: imam hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help