Vania Bahagia Bawa Nama NTT di O2SN Medan

Ini yang dikatakan ayah Vania terkait prestasi yang diraih putrinya mewakili NTT di even tingkat Nasional

Vania Bahagia Bawa Nama NTT di O2SN Medan
Istimewah
Clairine Vania Goni menerima medali pada lomba renang O2SN di Kupang, bulan Agustus 2017 

Laporan wartawan Pos Kupang, Eginius Mo'a

POS KUPANG.COM, MAUMERE - Tampil pertama kali dalam Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) cabang renang, membawa nama Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Clairine Vania Goni, lolos ke perlombaan tingkat nasional.

Vania mengaku sangat senang dengan sukses yang direbutnya membawa mewakili Propinsi NTT ke O2SN di Medan, Propinsi Sumatera Utara, 4-9 September 2017.

"Senang sekali, saya bisa juara mewakili NTT. Baru pertama kali berlomba, saya bisa lolos.Target saya masuk 10 besar nasional," ujar Vania.

Sang ayah, Rudi Siswanto Goni, mendampingi Vania berlatih renang. Begitu pula setiap kali liburan ke Surabaya, Vania berkesempatan diasuh pelatih renang profesional.

Rudi mengakui melihat bakat renang putri sulungnya sejak kecil. Vania sangat menyukai air.

Daripada Vania mengalami sesuatu soal ketika bermain di air, Rudi mengarahkan dilatih secara profesional oleh pelatih renang di Maumere dan di Surabaya bila sedang liburan.

Rudi mengakui turut bahagia dengan prestasi putrinya mengikuti O2SN 2017. Vania mengikuti kompetisi renang berjenjang dari tingkat kecamatan dan kabupaten dan propinsi.

Dalam kompetisi di Kupang, Vania menyabet medali emas di nomor 50 meter gaya bebas dan 50 meter gaya kupu-kupu serta medali perunggu 50 meter gaya dada.

"Kami orang tua sangat bahagia dengan prestasi Vania yang bisa bawa nama kabupaten sampai ke pentas nasional. Dia baru pertama kali mengikuti lomba dan lolos sampai ke tingkat nasional," ujar Rudi.

Menurut Rudi, secara periodik bila liburan ke Surabaya, Vania berlatih ke Klub Renang Hiu Surabaya. Pelatih renang, Bahrun telah lama mengetahui bakat renang yang dimiliki Vania.

"Menurut pelatihnya, Vania punya bakat renang yang bagus. Ternyata benar, baru pertama kali mengikuti lomba, Vania bisa juara pada tiga nomor," ujar Rudi.

Vania segera berangkat ke Kupang, Selasa (29/8/2017) menjalani training camp, 29/8-1/9/2017 sebelum berlomba di Medan.

Enam nomor akan dilombakan di Medan, yakni 100 m gaya bebas, 100 m gaya dada, 50 m gaya bebas, 50 m gaya dada, 50 m gaya kupu kupu, dan 50 m gaya punggung. Namun setiap atlit hanya diperbolehkan mengambil maksimum tiga nomor.

"Target pribadi, Vania berlomba pada nomor 100 m gaya bebas, 50 m gaya bebas, dan 50 m gaya kupu kupu. Tapi tergantung pelatihnya nanti, kita serahkan kepada keputusan mereka," kata Rudi. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved