Erniyati Petinju Putri NTT Ingin Pertahankan Medali Emas di Popnas 2017

Erni memang memang menggeluti olahraga keras. Namun ternyata, ia juga memiliki sejumlah hobi yang terpendam.

Erniyati Petinju Putri NTT Ingin Pertahankan Medali Emas di Popnas 2017
Ferry Ndoen
Erniyati Ngongo, petinju putri NTT kelahiran tahun 2000 dengan segudang medali dan prestasi yang sudah disabetnya 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG - Pukulan straight dan long hook ditakuti lawan. Gayanya saat bertanding di ring tinju cukup lincah. Petinju putri Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang satu ini memiliki gaya bertanding mix antara gaya boxer dan tipe petinju bergaya fighter.

Itulah sosok petinju putri Erniwati Ngongo, petinju binaan PPLP Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTT.

Petinju kelahiran Camme, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) ini menggeluti cabang olahraga tinju sejak di kelas satu SMP Kristen Waimangura, Kabupaten SBD ini pun ternyata bisa bergaya femin.

Erni memang memang menggeluti olahraga keras. Namun  ternyata, ia juga memiliki sejumlah hobi yang terpendam.

"Erni juga hobi menggambar. Dan biasanya hasil gambar Erni simpan di lemari dan juga suka fashion," akunya
Tentang mengapa tertarik olahraga keras tinju, Erni mengaku awalnya melihat orang latihan tinju.

"Awalnya saya tertarik ketika melihat orang-orang yang lagi latihan tinju di halaman sekolah. Lalu saya coba-coba latihan. Ternyata saya mampu melayangkan pukulan dengan baik. Saat latihan awal, gaya bertinju saya dipoles oleh pelatih karena saat itu baru duduk di bangku kelas satu," tutur Erni, ditemui saat latihan di kompleks olahraga Oepoi, Kota Kupang, Sabtu (8/7/2017).

Putri pasangan Petrus Wunu K Delo dan Martha Ngongo ini juga ternyata memiliki segudang prestasi yang cukup meyakinkan sejak ia menggeluti olahraga keras ini.
Sejumlah prestasi yang pernah diraih Erni, yakni medali emas Youth Girls Kelas 52 Kg pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju NTT di Kota Maumare tahun 2015.

Erni juga meraih medali emas Youth Girls Kelas 57 Kg Kejuaraan Tinju Walikota Kupang Cup tahun 2016. Selain itu, Erni meraih medali emas Youth Girls Kelas 57 Kg Kejurnas PPLP tahun 2016 di Kupang.

Masih dalam tahun yang sama, petinju putri berambut ikal ini meraih medali perak pada Kejuaraan Tinju VN Cup Kelas 57 Kg serta meraih medali perak perebutan Piala Ketua Pertina Kota Kupang kelas 60 kg elit women.

"Terakhir Erni meraih medali perak di Pekan Olahraga Daerah (Popda) NTT tahun 2016 kelas 57kg. Dan satu prestasi spektakuler yang baru diraihnya, yakni menyabet medali emas klas 57 kg youth girl di Kejurnas Tinju Amatir Junior dan Youth Girls tahun 2017 yang berlangsung 1-7 Agustus 2017 di GOR Oepoi, Kota Kupang," ujarnya.

Erni mengatakan, keberhasilnya meraih medali emas di sejumlah even tinju karena dukungan pelatih Karel Muskanan, dan Yanto Fallo, yang intens melatihnya sejak bergabung di PPLP Dispora NTT.

"Semua itu tentu tidak lepas dari sentuhan teknik para pelatih Om Karel Muskanan dan Om Yanto Fallo yang terus melatih kami petinju PPLP NTT secara intensif sejak tahun 2015 lalu. Dan yang paling utama karena campur tangan Tuhan atas semua hal yang terjadi, khususnya prestasi yang diraih Erni," katanya. (fen)

Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved