PosKupang/

BPJS Meningkatkan Pelayanan

Pemerintah tak tinggal diam terkait persoalan ini. Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan sebagai

BPJS Meningkatkan Pelayanan
Net
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM - Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalimat klasik ini mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Mulai dari kebersihan, olahraga teratur, makan manakan bergizi dan lainnya sangat penting demi kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Tak ada orang yang menginginkan dirinya sakit. Namun, sakit (penyakit) tak diundang. Dia bisa datang kapan saja terutama saat kita sedang tidak siap.

Hal inilah yang kemudian membuat masyarakat diharuskan mempersiapkan diri terutama dalam hal pendanaan, bila sakit atau penyakit datang secara tiba-tiba.

Pemerintah tak tinggal diam terkait persoalan ini. Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan sebagai instansi yang ditunjuk pemerintah memberikan layanan kemudahan pembayaran atau biaya kesehatan bagi masyarakat terus melakukan inovasi.

BPJS tiada henti berupaya meningkatan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan JKN-KIS BPJS Kesehatan. Berbagai inovasi dan terobosan pun dilakukan untuk dapat mempercepat dan memenuhi target tersebut termasuk membuka pendaftaran di tempat lain di luar kantor BPJS Kesehatan.

Mungkin BPJS sadar bahwa tak semua warga masyarakat bisa mengakses kantornya dengan enteng. Kantor kelurahan atau kantor desa pun bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri. Tentu sangat memudahkan.

Apalagi dengan menempatkan petugas di kantor lurah, masyarakat yang selama ini tidak tahu apa itu BPJS bisa mendapatkan banyak informasi yang sangat mereka butuhkan.

Namun, apakah kemudian ini membuat masyarakat akan menikmati layanan BPJS dengan lebih baik? Belum tentu. Masih dan selalu saja ada keluhan terkait pengunaan atau status pasien BPJS.

Ada rumah sakit tertentu (terutama swasta) yang memilih menolak pasien dengan status BPJS karena dianggap rugi.

Selain itu, dibanding program Askes, BPJS dinilai lebih menyulitkan masyarakat. Tak terbatas penggunaannya, antrean berobat terkadang sangat panjang.

Hal ini bisa berakibat fatal bagi pasien yang seharusnya membutuhkan penanganan lebih cepat.

Terlepas dari itu, apa yang dilakukan pihak BPJS perlu didukung oleh seluruh komponen masyarakat. Demi peningkatan pelayanan, BPJS juga tak boleh hanya mengejar jumlah masyarakat yang mendaftar.

Pemegang kartus BPJS harus semakin nyaman saat berobat. Kita yakin segala ikhtiar yang dilakukan manajemen BPJS pasti sangat berguna bagi masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan yang semakin baik. *

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help