Jaksa di Manggarai Barat Diminta Agar Jangan Main Ciduk

Ternyata, soal penggunaan dana desa menjadi momok selama ini. Ini harapan kepala desa terkait dengan pengelolaan dana desa

Jaksa di Manggarai Barat Diminta Agar Jangan Main Ciduk
Pos Kupang/Servan Mammilianus
Suasana sosialisasi dana desa dan TP4D di bawah tenda pada halaman belakang Kantor Kejaksaan Labuan Bajo, Kamis (24/8/2017) 

Laporan wartawan Pos Kupang, Sevan Mammilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Kepala Desa (Kades) Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Ari Samsung, meminta kepada pihak kejaksaan dan kepolisian agar bila ada Kades yang melakukan kesalahan administrasi, dalam penggunaan dana desa jangan langsung ciduk.

Berkaitan dengan itu, dia berharap ada forum kerja sama antara Kades dengan kejaksaan dan kepolisian, sekaligus untuk pendampingan dan bimbingan kepada para Kades dalam meningkatkan kapasitasnya.

"Forum untuk meningkatkan kapasitas dari kami para Kepala Desa. Forum kerja sama antara Kepala Desa, kejaksaan dan kepolisian. Supaya kalau ada kesalahan administrasi tidak langsung diciduk. Selama ini seperti momok," kata Ari.

Dia menyampaikan itu dalam sesi tanya jawab pada sosialisasi dana desa dan tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Kegiatan yang dihadiri para Kades di Mabar itu menampilkan tiga nara sumber, yakni Kepala Kejaksaan Negeri Labuan Bajo Subekhan; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Mateus Ngabut serta Kepala Inspektorat setempat, Siprianus Midi.

Menanggapi kekuatiran Ari, ketiga orang nara sumber menyampaikan bahwa hal utama yang dilakukan dalam menggunakan dana desa, adalah kerja harus sesuai dengan aturan, termasuk Petunjuk Tekhnis (Juknis).

Nota atau data-data pendukung pemakaian dana desa harus ada sebagai bukti penggunaan uang.

"Penggunaan dana desa itu bukan hanya terkait infrastruktur. Tetapi juga harus membangun masyarakat dari desa. membangun sumber daya manusia," kata Subekhan. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved