PosKupang/

Pater Robert Ramone Menggereja Melalui Budaya

Bagi Pater Robert melalaui budaya dirinya mewartakan injil secara meluas kepada semua orang, bukan hanya umat katolik.

Pater Robert  Ramone Menggereja Melalui Budaya
ISTIMEWA
Pater Robert Ramone,C.Ss.R 

BAGI umat Keuskupan Weetabula dan para pencinta pariwisata, wisatawan, baik domestik maupun manca negara yang tertarik dengan pariwisata Sumba, pasti mengenal sosok ini.

Dia pastor yang selalu mewartakan injil dan ajaran cinta kasih Yesus baik melalui mimbar gereja maupun budaya.

Dia galau melihat rumah adat Sumba yang mulai pudar termakan usia dan tak ada orang yang berinisiatif merenovasi dan melestarikannya.

Dia khawatir suatu saat generasi penerus Sumba tidak mengenal lagi budaya yang diwariskan nenek moyang, karena kemajuan teknologi dan informatika.

Dia gelisah, suatu saat anak-anak Tanah Humba tidak mengetahui cerita asal-usul orang Sumba dan adat istiadatnya.
Menjawab kekhawatiran itu, pastor yang 25 Agustus 2017 ini merayakan 25 tahun imamat, mendokumentasikan melalui karya-karya fotogafinya.

Rumah adat, corak kehidupan masyarakat, tempat-tempat yang menyimpan sejarah, keindahan alam, keunikan corak hidup masyarakat Sumba didokumentasikan secara apik lalu dibukukan.

Dia kemudian mendirikan sebuah wadah yang diberi nama RUMAH BUDAYA SUMBA yang dilengkapi museum dan penginapan bagi tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Tanah Humba.

Seperti apa suka dan duka Pater Robert Ramone, C.Ss.R mewartakan dan melestarikan budaya Sumba melalui foto-foto dan museum di RUMAH BUDAYA SUMBA? Ikuti wawancara wartawan Pos Kupang, Gerardus Manyella dengan P. Robert Ramone,C.Ss.R di Rumah Budaya Sumba, bulan lalu.

Apa yang mendorong Pater melestarikan budaya Sumba dengan mendirikan Rumah Budaya Sumba?

Ya, dorongan ini lahir setelah saya menggeluti hobi di bidang fotogafer. Saya melihat Sumba ini memiliki keunikan yang luar biasa yang ditinggalkan nenek moyang kita.

Halaman
1234
Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Gerardus Manyela
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help