Atasi Masalah Darah, Dokter Samson Ehe Teron Sarankan Pemkab Kupang Bentuk Bank Darah

RSU Kabupaten Kupang baru berjalan dan kebutuhan darah di rumah sakit ini rata-rata 80-90 kantong.

Atasi Masalah Darah, Dokter Samson Ehe Teron Sarankan Pemkab Kupang Bentuk Bank Darah
pos kupang
Siswa/i SMA Negeri I Oesao saat mendonor darah, Senin (21/8/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Edy Hayong

POS KUPANG.COM, OESAO - Pemerintah Kabupaten Kupang perlu membentuk Bank Darah dan unit transfusi daerah (UTD) agar persoalan darah yang selama ini dikeluhkan pasien dapat teratasi.

Ketiadaan Bank Darah dan UTD selama ini berdampak pasien yang harus mendapat pertolongan segera terpaksa menunggu berjam-jam untuk mendapatkan darah.

Kantong darah untuk kebutuhan pasien di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Kupang didatangkan dari UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi NTT.

Harapan ini disampaikan Kepala UTD PMI NTT, Dr. Samson Ege Teron saat ditemui di sela-sela kegiatan donor darah dalam rangka bulan bakti PMI tingkat Kabupaten Kupang di SMA Negeri I Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Senin (21/8/2017).

Ehe Teron mengatakan kehadiran tim UTD PMI NTT di Oesao ini berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan donor darah, dengan para siswa SMA sebagai pendonor pemula.

"Ini juga sebagai agenda cikal bakal pembentukan palang merah remaja untuk membangun komitmen para remaja secara sukarela mendonorkan darahnya," ujar Ehe Teron.

"Kami juga datang berkunjung sekaligus menyampaikan informasi berkaitan dengan donor dan transfusi pada calon donor muda kita ini. Semua masih usia 15-17 tahun makanya kami perlu berikan informasi terkait dengan donor darah itu," tambahnya.

Dia mengungkapkan RSU Kabupaten Kupang baru berjalan dan kebutuhan darah di rumah sakit ini rata-rata 80-90 kantong sehingga masih bisa didatangkan dari Kota Kupang.

RSU Kabupaten Kupang belum memiliki Bank Darah dan UTD sehingga sementara ini darah diambil dari UTD PMI NTT. Mekanismenya, pengantar dari dokter dibawa ke UTD untuk dicocokan darahnya kemudian dibawa ke rumah sakit.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved