HUT RI KE 72

Tempuh 6.960 Km, Komunitas Pajero Indonesia One Kibarkan Merah Putih di Tepian Negeri

Komunitas Pajero Indonesia One mengibarkan sang merah putih di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kabupaten Belu

Tempuh 6.960 Km, Komunitas Pajero Indonesia One Kibarkan Merah Putih di Tepian Negeri
POS KUPANG/DION KOTA
Komunitas Pajero Indonesia One (PI1) foto bersama di PLBN Motaain sambil membentangkan bendera Merah Putih, Kamis (17/8/2017). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Dion Kota

POS-KUPANG. COM, ATAMBUA - Komunitas Pajero Indonesia One (PI1) rela menempuh perjalanan sejauh 6.960 km demi mengibarkan sang merah putih di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Belu di hari Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2017) pagi.

Perjalanan komunitas PI1 ini bergerak dari titik 0 Indonesia yaitu Sabang di pulau Sumatera pada tanggal 29 Juli menuju pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores dan berakhir di PLBN Motaain, Belu.

Perjalanan panjang selama 20 hari melintasi 7 pulau yang ditempuh 21 putra-putri Indonesia dengan menggunakan 7 kendaraan SUV Mitsubishi Pajero ini dikemas dalam Ekspedisi MERAH PUTIH bertema Merajut Nusantara dari Km 0 Indonesia.

Sesampainya di PLBN Motaain yang merupakan titik finish dari ekspedisi Merah Putih, komunitas PI1 melakukan upacara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI bersama Satgas Pamtas RI-RDTL dan para pegawai PLN selaku penyelenggara upacara memperingati Detik-detik Proklamasi.

Bendera Merah Putih yang dibawa dari Sabang, Sumatra dikibarkan di tepian batas negeri Indonesia.

Suasana haru penuh hikmat mengiringi pengibaran sang merah putih di batas negeri tersebut.

Selain merayakan Detik-detik Proklamasi, Komunitas PI1 juga menjalin tali silaturahmi dengan saudara-saudari di Motaain dengan menggelar bakti sosial.

Ribuan buku tulis dan buku bacaan yang merupakan hasil swadaya Komunitas PI1dibagikan untuk anak-anak di perbatasan Indonesia – RDTL.

Ketua Pajero Indonesia One, Wahyu Haryadi mengatakan, ekspedisi Merah Putih diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI sekaligus merayakan hari jadi PI1 yang ke-4 pada tanggal 17 Agustus 2017.

Ekspedisi ini sendiri bertujuan untuk menggelorakan semangat persatuan, semangat kebhinekaan dan mempererat rasa persaudaraan antara sesama anak negeri.

Selain itu, melalui ekspedisi ini pula diharapkan bisa memotret keindahan Indonesia yang belum banyak diketahui orang untuk dipublikasikan.

"Dalam perjalanan ekspedisi ini kita banyak bertemu saudara-saudari kita yang berbeda latar belakang sosial, agama, ras dan budaya. Dan luar biasanya, kita disambut dengan penuh rasa persaudaraan. Ini bukti bahwa perbedaan yang ada bukanlah jurang pemisah di antara kita, melainkan merupakan sumber kekayaan negeri kita yang unik dan harus kita jaga," ungkap Wahyu. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved