PosKupang/

Hendak ke Sumba Barat? Ini Dia Tipsnya . . .

Ada pula bemo lintas kecamatan. Jika Anda ingin naik bemo untuk berkeliling, bisa mencarinya di terminal dekat Pasar Inpres Waikabu.

Hendak ke Sumba Barat? Ini Dia Tipsnya . . .
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Pasola di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. 

POS.KUPANG.COM | Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur terdiri dari empat kabupaten yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Timur. Namun, dari keempat kabupaten ini, pariwisata paling berkembang di Sumba Barat. Pasalnya, Sumba Barat memiliki agenda wisata tahunan yang sudah dikenal di mancanegara yaitu Festival Pasola.

Festival Pasola menjadi incaran turis asing dan turis domestik, terutama para fotografer dan pecinta wisata budaya. Festival tahunan tersebut menampilkan adu ketangkasan antar kampung dengan menunggang kuda sambil melempar lembing ke lawan sampai lawan berdarah.

Perayaan ini sebenarnya untuk menyambut masa panen dan memprediksi hasil panen. Semakin banyak darah peserta yang keluar saat Pasola, masyarakat setempat percaya hal itu berarti hasil panen berlimpah.

Jika Anda tertarik melihat Festival Pasola atau sekadar berwisata ke Sumba Barat, berikut tips yang perlu Anda ketahui sebelum merencanakan berlibur ke Pulau Sumba.

NTT
NTT (Net)

Transportasi menuju Sumba Barat

Cara termudah adalah dengan naik pesawat ke Bali atau ke Kupang. Kemudian dilanjutkan penerbangan menuju Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya.

Cara lain adalah dengan melalui jalur darat. Jika Anda dari Indonesia bagian barat, bisa naik bus sampai ke Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat. Kemudian lanjutkan dengan feri dari Pelabuhan Sape menuju Pelabuhan Waikelo di Sumba Barat Daya.

Setelah sampai di Sumba Barat Daya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sumba Barat melalui jalur darat. Anda bisa menyewa mobil, naik bus, atau travel.

Pilihan lain adalah naik motor ojek. Dari Sumba Barat Daya kurang dari satu jam dengan motor menuju Waikabubak, ibu kota Sumba Barat.

Alternatif lain menuju Sumba Barat adalah melalui Sumba Timur. Di Sumba Timur terdapat Bandara Mauhau. Ambil jalur ini, jika Anda datang dari Kupang.

Halaman
1234
Editor: imam hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help