PosKupang/

Wakil Bupati Flotim Ikut Berkemah dengan Ratusan Pelajar SMP di Ileboleng

Ini yang dilakukan Wakil Bupati Flores Timur untuk menghabiskan waktu saat berakir pekan

Wakil Bupati Flotim Ikut Berkemah dengan Ratusan Pelajar SMP di Ileboleng
Pos Kupang/Felix Janggu
WakiL Bupati Flotim Agustinus Payong Boli mengadakan kuis saat berada bersama dengan anak pramuka di Perkemahan Ole Bele, Kecamatan Ileboleng FLotim Sabtu malam (12/8/2017) 

Laporan wartawan Pos Kupang, Felix Janggu

POS KUPANG.COM, LARANTUKA - Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli menghabiskan akhir pekannya Sabtu malam (12/8/2017) di perkemahan Ole Bele, Desa Lewopao, Kecamatan Ileboleng, Flotim.

Di sudut desa kecil di Ileboleng tersebut, Agus Boli bergabung dengan 600-an pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kecamatan Ile Boleng.

Di sana ia bersenda gurau bersama para pelajar, memberikan kuis sederhana dan memberikan tabungan kuliah bagi tiga pelajar yang berprestasi dalam perkemahan itu.

Ia mengajak guru dan siswa agar membiasakan menabung. Dengan demikian, saatnya masuk kuliah, anak tidak lagi kesulitan mendapatkan uang kuliah.

"Jangan sampai anak-anak kita tidak bisa kuliah karena alasan tidak ada uang. Padahal karena kita tidak mampu menabung," kata Agus Boli.

Di sela kegiatan penutupan perkemahan itu, Agus Boli menyerukan agar gerakan literasi benar-benar hidup di Flotim.

"Literasi itu bukan hanya dideklarasikan, yang paling penting bagaimana ia menjadi gerakan, dan memotivasi masyarakat untuk membaca dan menulis," kata Agus Boli.

Agus Boli mengapresiasi Agupena Flotim dan mengajak seluruh elemen masyarakat melakukan gerakan bersama, menginspirasi dan bersama memotivasi dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Flotim.

Pada kesempatan itu, Agus Boli juga meresmikan Pondok Baca Lamahelan. Ia didampingi Camat Ile Boleng Ariston Kolot Ola, Anggota DPRD Flotim Pius Pedang, Ketua Agupena Flotim Maksimus Masan Kian.

Mereka meninjau pondok baca, bahkan Agus Boli meluangkan waktunya untuk membaca di pondok baca tersebut.

Agus Boli mengatakan berkemah membentuk mental dan karakter. Karena di dalam perkemahan, seorang anak didorong untuk menggunakan segala daya budi dan kreativitasnya untuk bertahan dalam segala kekurangan fasilitas.

"Mengapa untuk setiap kali perkemahan selalu memilih tempat yang sulit, jauh dari keramaian, akses transportasi yang sulit? Karena di bumi perkemahan adik-adik akan diuji militansinya," kata Agus Boli.

Bumi perkemahan, kata Agus Boli adalah tempat melatih bagaimana seorang anak mandiri, bertangungjawab dan mampu bekerja sama dalam tim. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help