PosKupang/

VIDEO: Yuk! Datanglah ke Noemuti Untuk Mandi Air Terjun Oeluan

Kalau ingin menikmati mandi di air pancuran di Kefamenanu, jangan lupa datang ke Oeluan

Laporan wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, KEFAMENANU - Air terjun kecil di Oeluan, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menawarkan keindahan pancuran yang masih alami di tengah hutan belantara nan hijau dan asri. Airnya jernih dan sejuk.

Dua pancuran yang terbuat dari bambu mengeluarkan air cukup deras. Air pancuran yang deras ini justru lebih digemari oleh pengunjung untuk sekedar bermain air atau menikmati sensasi air mengalir di seluruh tubuh.

Ketika kepala Anda menada air dekat mulut pancuran maka percikan airnya menyebar keluar dengan berbentuk bulat.

Suara gemericik air akan memberikan tambahan irama yang menyemangati. Begitu juga ketika memandang air yang mengalir akan ikut menyegarkan pikiran.

Air terjun Oeluan ini masih dijaga kelestariannya, namun belum dikelola secara baik karena berada dalam kawasan hutan lindung.

Jarak dari jalan Trans Timor sekitar 500 meter. Belum ada jalan masuk yang tertata dengan baik ke lokasi ini. Jalan hanya terlihat jelas dari arah jalan umum ke kebun warga.

Pengunjung dengan kreatif sendiri mencari jalan di tengah hutan hingga menemukan lokasi air terjun. Pengunjung hanya dipandu dengan bekas jalan kendaraan roda dua di tengah hutan.

Air terjun ini menjadi potensi wisata di Kabupaten TTU, namun belum bisa dikelolah secara optimal karena terkendala dengan status kawasan hutan lindung.

Hal ini pernah dikemukan Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten TTU saat sidang di DPRD TTU. (*)

Penulis: Teni Jehanas
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help