PosKupang/
Home »

Bisnis

» Mikro

Kebutuhan Garam di Kota Kupang 1.350 Ton per Tahun

Kebutuhan garam di Kota Kupang sebanyak 1350 ton per tahun, sedangkan produksi garam di Kota Kupang baru mencapai 107 ton.

Kebutuhan Garam di Kota Kupang 1.350 Ton per Tahun
POS KUPANG/HERMINA PELLO
Jeri Padji Kana, Kadis Perindag Kota Kupang 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kebutuhan garam di Kota Kupang sebanyak 1350 ton per tahun, sedangkan produksi garam di Kota Kupang baru mencapai 107 ton.

Produksi garam ini bisa ditingkatkan, karena itu Dinas Perindag Kota Kupang mengajukan proposal kepada Dinas Perindustrian Provinsi NTT untuk membantu pengembangan tambak garam di Kota Kupang.

Kepala Dinas Perindustiran dan Perdagangan Kota Kupang, Jeri Padji Kana, yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (7/8/2017), mengatakan dari aspek musim kemarau dI Kota Kupang sepanjang 6 bulan sampai 8 bulan, kecepatan angin 40 km per jam, kelembaban udara normal dan air laut belum tercemar dengan kepekatan awal 2 sampai 3 baume.

Menurutnya, produksi garam beryodium di Kota Kupang hanya memenuhi kebutuhan 7,9 persen saja sehingga sisanya didatangkan dari luar. Dengan demikian, potensi pengembangan garam si Kota Kupang sangat besar.

"Sebanyak 1.243 ton garam didatangkan dari luar Kota Kupang. Kalau industri garam di Kota Kupang dibantu maka produksi diharapkan bisa meningkat," katanya.

Dia mengatakan dengan proposal itu diharapkan ada bantuan untuk Kota Kupang dalam pengembangan garam terutama garam beryodium.

Beberapa permasalahan garam di Kota Kupang yakni masih rendahnya pemakaian garam beryodium, lahan garam rakyat di bawah satu hektare, kualitas garam masih rendah, panen sebelum waktunya sehingga kualitasnya menjadi rendah dan proses iodisasi masih tradisional dan tidak rata. (*) 

Penulis: hermina_pello
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help