PosKupang/

Puluhan Ekor Rusa Diduga Dibantai di Pulau Komodo

Dalam sebuah foto yang beredar di media sosial, terlihat sebuah kapal motor mengangkut puluhan rusa yang sudah mati.

Puluhan Ekor Rusa Diduga Dibantai di Pulau Komodo
ISTIMEWA
ISTIMEWA Rusa-rusa mati berada di dalam kapal motor. 

 

Laporan Wartawan POSKUPANG.COM, Servatius Mammilianus

LABUAN BAJO, POSKUPANG.COM--Dalam sebuah foto yang beredar di media sosial, terlihat sebuah kapal motor mengangkut puluhan rusa yang sudah mati.

Diduga rusa itu hasil perburuan liar di Pulau Komodo, Labuan Bajo.

Terlihat juga ada beberapa orang di dalam kapal itu, satu diantaranya sedang santai merokok. Sedangkan satunya bermain ponsel di tangannya.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Sudiono, mengatakan pihaknya sudah mendapat foto itu sejak beberapa hari sebelumnya. Foto itu didapat dari akun facebook seseorang dan sudah ditelusuri.

"Belum bisa disimpulkan apakah rusa itu dari Pulau Komodo atau bukan. Tentunya kami juga tidak bisa mengatakan bahwa itu bukan dari Komodo. Kami sudah telusuri dan untuk sementara kami sudah mengetahui bahwa kapal motor itu berasal dari Pulau Sumbawa," kata Sudiono yang dikonfirmasi, Sabtu (5/8/2017) pagi.

Dia juga belum bisa memastikan apakah foto itu baru atau foto lama yang baru beredar di media sosial. Menurutnya, bisa saja lokasi atau peristiwa pada foto itu terjadi di tempat lain.

"Kami rutin melakukan operasi di Taman Nasional Komodo, khususnya di Pulau Komodo. Sejak Bulan Februari hingga saat ini sudah sebelas kali operasi. Selama operasi itu tidak ditemukan kejadian seperti di foto itu," kata Sudiono.

Namun menurutnya, BTNK tetap melakukan penelusuran untuk memastikan semuanya.

"Kalau diperhatikan, rusa-rusa yang mati itu bukan didapat dengan cara dijerat tetapi ditembak. Berarti ada senjata. Makanya kami bekerja sama dengan penegak hukum. Kita tidak tahu, senjata itu dari mana. Bisa saja membahayakan manusia," kata Sudiono.

Untuk diketahui, di Pulau Komodo banyak rusa dan mudah dilihat pengunjung bahkan terkesan jinak. Rusa-rusa itu menjadi salah satu sumber makanan bagi komodo. (* )

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry jahang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help