PosKupang/

Berlibur di NTT tapi Hanya Ke Pulau Padar, Buang-Buang Uang. Nih Kampung Adat Unik yang Menantimu

Tidak sekedar objek yang menawarkan panorama pantai, NTT masih memiliki banyak mutiara tersembunyi yang harus Anda eksplor. Satu di antaranya, kampung

Berlibur di NTT tapi Hanya Ke Pulau Padar, Buang-Buang Uang. Nih Kampung Adat Unik yang Menantimu
KOMPAS/RADITYA HELABUMI
Kampung adat Wae Rebo di Desa Satarlenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Minggu (12/6/2016). Meski semakin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata internasional, warga adat Wae Rebo masih mempertahankan tradisi dan kearifan leluhur mereka. 

POS-KUPANG.COM- Ketika Anda berkunjung ke NTT destinasi apakah yang wajib masuk ke list Anda?

Mudah ditebak. Pasti Pulau Komodo, Pantai Pink, atau semua kawasan Labuan Bajo.

Jika Anda bergeser ke timur Anda pasti menyempatkan diri berkunjung ke Danau Kelimutu.

Baca: 10 Fakta Tentang Kampung Adat Rende di Sumba yang Harus Anda Ketahui, Nomor 7 Bikin Melongo

Iyakan? Oke, mulai sekarang mari memperkaya kembali destinasi Anda.

Tidak sekedar objek yang menawarkan panorama pantai, NTT masih memiliki banyak mutiara tersembunyi yang harus Anda eksplor. Satu di antaranya, kampung adat.

Baca: Menjelajahi Kampung Adat di Lembah Jerebu’u Flores

Anda mungkin lelah setelah diving, bermain air laut dan membutuhkan sesuatu yang lebih menenangkan?

Maka masukan lima kampung adat ini dalam destinasi wisatamu.

1. Kampung Wae Rebo adalah desa mungil nan misterius yang berada di ketinggian 1.200 meter dpl. Kampung ini bersembunyi di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Jika kamu berkunjung kesini, akan ada tujuh rumah tradisional yang menyambutmu. Yah, hanya tujuh rumah di sebuah kampung yang cukup dingin. 

2. Sumba memang terkenal akan pantai dan padang savanah yang indah. namun belum ke sumba jika tidak mengunjungi Kampung Ratenggaro yang berada di Pusat Kota Tambolaka Sumba Barat Daya. Kampung ini berada di pinggir laut dengan panorama yang memanjakan mata. Kampung ini pun menyimpan kubur batu tua peninggalan leluhur.

3. Jika Anda pecinta tenun sekaligus pengagum peninggalan megalitikum, maka wajib berkunjung ke kampung yang berdiam di kaki gunung Inerie ini. Kampung ini berada di 19 kilometer dari jantung Kota Bajawa. Udara yang dingin menambah syahdu suasana. Jangan lupa secangkir kopi Bajawa ya!

4. Ketika Anda mengunjungi Danau Kelimutu, mampirlah sejenak ke Kampung Wologai. Kampung ini berada di lembah Detusoko Kabupaten Ende. Wologai hanya berjarak 37 kilometer dari Kota Ende, mampir yuk.

5. Jika Anda benar-benar muak dengan kehidupan modern atau aktifitas kota yang membosankan maka Kampung Suku Boti ini adalah tempat pelarian yang tepat. Suku Boti adalah suku asli penghuni Pulau Timor. Wilayah Boti terbilang sulit dijangkau. Berada 40 km dari So'e, Timor Tengah Selatan. Desa Boti berada di tengah-tengah pegunungan, maka membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Kamu ingin mencoba?

Lima kampung adat masih kurang ya? Tunggu postingan berikutnya ya.

Penulis: Djuwariah Wonga
Editor: Djuwariah Wonga
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help