NTT Kirim Duta Pramuka ke Cibubur, Ikut Raimuna Nasional 13-22 Agustus 2017

Pemprop NTT mengirim 300-an duta pramuka untuk mengikuti raimuna nasional (Rainas) di Cibubur-Jakarta.

NTT Kirim Duta Pramuka ke Cibubur, Ikut Raimuna Nasional 13-22 Agustus 2017
Pos Kupang/Robert Ropo
Kontingen pramuka sumba Timur pose bersama Bupati Sumba Timur 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Frans Krowin

POS-KUPANG. COM, LEWOLEBA – Pemerintah Propinsi (Pemprop) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengirim 300-an duta pramuka untuk mengikuti raimuna nasional (Rainas) di Cibubur-Jakarta.

Duta pramuka NTT tersebut, berangkat menggunakan KM Umsini dari Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, pada Rabu (2/8/2017) malam. Kontingen NTT ini akan mengikuti rainas itu mulai 13-22 Agustus 2017 mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Daerah Kabupaten Lembata, Simon Teri Langobelen, kepada Pos Kupang, Kamis (3/8/2017).

Dikatakannya, untuk kegiatan di Cibubur nanti, kontingen NTT juga akan menampilkan sebuah tarian khas daerah, yakni tarian beku dari Lembata. Tarian tersebut khas Lembata. Tarian ini pernah ditampilkan saat launching kegiatan Hari Nusantara (Harnus) ke-16 di Jakarta.

Tarian itu juga ditampilkan lagi saat pelaksanaan Harnus ke-16 yang berlangsung di Lewoleba pada 13 Desember 2016 silam. Pada saat itu, Kabupaten Lembata merupakan tuan rumah event nasional tersebut.

Untuk diketahui, pada Jumat (28/7/2017) lalu, Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Benny Litelnoni membuka kegiatan raimuna daerah (raida) wilayah VI di Lembata. Pelaksanaan Raida tersebut berlangsung di Waijarang.

Raimuna daerah tersebut diikuti utusan dari berbagai kabupaten di NTT, kecuali Kabupaten Ngada, Sumba Barat Daya (SBD), Sumba Barat, Alor dan Kabupaten Sabu Raijua.

Setelah acara pembukaan oleh Wagub Litelnoni Jumat (28/7/2017) siang, sore harinya dilakukan karnaval yang diikuti semua kontingen. Dalam karnaval tersebut, setiap kontingen menampilkan kekayaan budaya dari daerah masing-masing.

Kontingen dari Flores Timur (Flotim), misalnya, menampilkan tarian dolo-dolo. Dari Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menampilkan tarian caci.

Hal yang sama dilakukan kontingen dari Kabupaten Rote Ndao yang semua pesertanya menggunakan topi tiilangga. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help