PosKupang/

Yang Ini Perlu Dicontoh, Desa Birawan, Flotim Justru Memiliki Perdes Perlindungan Terumbu Karang

Ini sesuatu yang luar biasa dilakukan seorang kepala desa yang melindungi laut dengan membuat peraturan desa

Yang Ini Perlu Dicontoh, Desa Birawan, Flotim Justru Memiliki Perdes Perlindungan Terumbu Karang
Pos Kupang/Felix Janggu
Apolinardus Demoor 

Laporan wartawan Pos Kupang, Felix Janggu

POS KUPANG.COM, LARANTUKA - Misi besar Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon untuk menyelamatkan Terumbu Karang di perairan Flotim mendapat respon yang menarik dari pemerintahan Desa Birawan, Kecamatan Ilebura, Kabupaten Flores Timur.

Pemerintahan desa tersebut bahkan sudah menerbitkan Peraturan Desa (Perdes) per tahun 2017 tentang perlindungan Terumbu Karang.

"Sekarang desa itu bahkan sudah melakukan transplantasi terhadap Terumbu Karang," kata Apolinardus Demoor, Kabid Pengawasan Laut pada Dinas Kelautan dan Perikanan Flotim Selasa (1/8/2017).

Dus, demikian Apolinardus disapa mengungkapkan langkah pemerintah desa Biarawan Ilebura tersebut sejalan dengan misi bupati Flotim: "Selamatkan Laut Flotim".

Dus mengapresiasi Kades Birawan Tarsisius Botumuda (37) yang telah mengambil kebijakan penting dalam menyelamatkan ekosistem terumbu Karang di desanya.

"Ini karena kepala desanya luar biasa. Muda dan berwawasan lingkungan. Kita berharap desa lain bisa mengikuti langkah yang sama," kata Dus. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help