Terlalu Mahal Biaya Masuk Pantai Lasiana

Kenaikan tersebut adalah Tarif masuk masuk untuk orang dewasa naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 5.000 per orang, tarif masuk bagi

Terlalu Mahal Biaya Masuk Pantai Lasiana
Instagram/@dennistalakua
Pantai Lasiana saat senja 

POS KUPANG.COM -- Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Pariwisata menaikan harga tiket masuk ke pantai wisata Lasiana. Kenaikan ini jelas saja mengagetkan warga yang secara teratur menjadikan Pantai Lasiana sebagai destinasi yang murah untuk wisata keluarga.

Kenaikan tersebut adalah Tarif masuk masuk untuk orang dewasa naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 5.000 per orang, tarif masuk bagi anak-anak naik dari Rp 1.000 menjadi Rp 3.000 perorang. Tarif masuk mobil naik dari dari Rp 2.000 menjadi Rp 10 ribu dan sepeda motor naik dari dari Rp 1.000 menjadi Rp 5.000.

Bila dibandingkan dengan tiket masuk kebun binatang Ragunan di Jakarta maka biaya masuk ke Lasiana lebih mahal. Tentu ini sangat aneh, sebuah lokasi wisata berupa pantai namun biaya masuk jauh lebih mahal dibandingkan dengan Kebun Binatang Ragunan yang memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi dengan aneka fauana yang ada di dalamnya. Untuk diketahui tiket masuk Kebun Binatang Ragunan yaitu anak-anak Rp 3.000 dan orang dewasa Rp 4.000.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu mengatakan, tarif masuk Pantai Lasiana diterapkan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) NTT Nomor 12 Tahun 2017. Pungutan itu akan diserahkan ke kas daerah yang bisa dikuncurkan kembali untuk pemeliharaan dan pembenahan infrastruktur di obyek wisata tersebut.

Kenaikan tarif tersebut jelas saja menjadi penghambat pariwisata bagi masyarakat sendiri. Sebab, biaya yang terlalu mahal membuat warga enggan bepergian ke tempat itu, sebaliknya warga akan lebih memilih di rumah atau mecari aktivitas lain untuk berwisata.

Sebagai masyarakat kita merasa keberatan dengan biaya yang harus dibayarkan berupaka tiket masuk dan biaya parkir. Mestinya, pihak terkait melakukan sosialisasi dan uji coba terlebih dahulu sebelum menetapkan tarif masuk.

Kita menghargai niat pemerintah untuk mendapatkan PAD yang lebih besar dari sektor jasa pariwsata ini, namun harus pula dimaklumi bahwa bahwa harga yang terlalu mahal akan membuat wisata ke pantai Lasiana hanya dinikmati oleh orang- orang kaya.

Dampak lanjutan dari naikan harga tiket ini juga adalah sepinya Pantai Wisata Lasiana. Ini berdampak langsung juga bagi para pedagang makanan dan minuman di Pantai Lasiana sebab presentasi pembeli juga akan berkurang dan pendapatan para pedagang ini akan berkurang.

Angka dalam tarif yang baru tersebut tentu tidak mahal bagi satu orang, namun bagi satu keluarga yang berjumlah bisa lebih dari lima orang maka harga tersebut sangat mahal. Misalkan, satu keluarga dengan dua orang dewasa ayah dan ibu dengan biaya masuk Rp 10 ribu, ditambah tiga anak Rp 9 ribu ditambah biaya parkir Rp 5 ribu maka total yang harus dibayarkan menjadi Rp 24 ribu. Bila dibandingkan hanya sekedar jalan- jalan dan mandi di pantai tanpa edukasi atau nilai lebih yang didapat maka biaya tersebut terlampau mahal.

Sebagai masyarakat, kita berharap agar Pemerintah Propinsi NTT bisa mengevaluasi lagi tarif masuk lokasi Pantai Lasiana Kupang. Sebab, masyarakat dengan pendapatan pas-pasan merasa tarif tersebut sangatlah mahal.*

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved