El Tari Memorial Cup 2017

Bola Harapan Bola Persaudaraan, Catatan untuk El Tari Memorial Cup 2017

Perhelatan ini bakal menarik karena sebuah ruang kebersamaan tercipta dan diisi keanekaragaman NTT yang adalah kekayaan kita juga.

Bola Harapan Bola Persaudaraan, Catatan untuk El Tari Memorial Cup 2017
Pos Kupang/Romualdus Pius
Antusiasme penonton di Stadion Marilonga Ende yang ingin menyaksikan pertandingan El tari Memorial Cup 2017 

Oleh: Isidorus Lilijawa
Komunitas Masgibol NTT

POS KUPANG.COM - Perhelatan El Tari Memorial Cup (ETMC) 2017 sudah dimulai tanggal 22 Juli 2017 di kota Pancasila, Ende. ETMC adalah barometer persepakbolaan di NTT. Ajang ini sangat bergengsi untuk publik sepakbola NTT. Tim-tim terbaik yang mewakili setiap kabupaten mengambil bagian dalam pesta ini.

Perhelatan ini bakal menarik karena sebuah ruang kebersamaan tercipta dan diisi keanekaragaman NTT yang adalah kekayaan kita juga. Sepakbola dalam hal ini telah mempersatukan setiap kabupaten di NTT dan mengumpulkan tiap kabupaten yang berkarakterisitik berbeda dalam satu komunitas pesaudaraan. ETMC 2017 ini mesti dimaknai sebagai saatnya melahirkan prestasi sepak bola dalam wadah persaudaraan NTT.

Kita orang NTT saat ini sangat membutuhkan iklim persaudaraan dalam membangun daerah ini. Setelah kita tercerai-berai dalam mengejar kepentingan yang berbeda, baik itu dalam urusan politik maupun dalam aneka aspek, kita butuh ruang dan momen itu.
ETMC 2017 itu bukan soal menjadi juara atau tidak, bukan juga membawa trofi atau sebaliknya. Yang penting adalah kita masih merasa senasib, sepenanggungan sebagai orang NTT yang mau sama-sama berjuang memberantas keterbelakangan kita, yang masih memiliki rasa malu atas sederet prestasi minus kita di blantika republik ini. Konteks ETMC 2017 ini saya maknai dalam tiga hal yang saya tulis dalam bahasa Kupang melayu: baomong bola, banonton bola dan bamain bola.

Baomong Bola
Jauh-jauh hari sebelum terselenggaranya ETMC 2017, warga NTT mungkin telah ramai membicarakan turnamen ini. Setidak-tidaknya menyangkut persiapan tim yang mewakili kabupatennya dan memprediksi tim-tim mana yang bakal menoreh sejarah di Ende. Baomong Bola adalah upaya mendekatkan sepakbola sebagai bagian dari hidup. Sepakbola mesti menjadi hal yang diperbincangkan dalam keseharian.

Membicarakan sepakbola dengan sendirinya merangsang orang untuk berpikir melampaui sepakbola dan ini berkaitan dengan aspek transendensi sepakbola yang dalam cakupan kita adalah makna. Sepakbola menghadirkan makna yang sangat kaya bagi kehidupan manusia. Untuk belajar mematangkan emosi (emotional inteligence) orang perlu bermain bola. Untuk semakin menyelami hakikat seni, orang perlu bermain bola. Agar daya sprititual menjadi matang (spiritual inteligence), perlu juga orang bermain sepakbola.

Dunia persepakbolaan kita di NTT sering mengalami kelesuan. Prestasi sepakbola kita memang hanya begitu-begitu saja walau secara individu sudah ada anak NTT yang berkiprah di tim nasional maupun klub-klub liga 1 saat ini.

Sepakbola kita sering bermasalah. Mengapa? Hemat saya, ketika masyarakat tidak dilibatkan dalam Baomong Bola, maka dunia sepakbola kita tetap jalan di tempat. Artinya, kebijakan yang berkaitan dengan perkembangan sepakbola mesti diperbincangkan secara transparan.

Sepakbola NTT bukan urusan pelatih dan pemain semata atau urusan pengurus PSSI NTT saja. Ia mesti menjadi urusan seluruh rakyat NTT. Ada banyak potensi yang bagus, sayang tak diakomodir karena pembicaraan sepakbola hanya agenda segelintir orang saja, yang hanya mengetahui informasi dari orang-orangnya saja dan hanya tampang itu-itu saja yang menjadi langganan sepakbola NTT.

Banonton Bola
Aksi banonton bola ETMC tentu mengundang keterlibatan tidak saja warga Kota Ende tetapi para penikmat sepakbola dari daerah lain. Sepakbola itu indah karena itu ia menarik siapa saja untuk terlibat. Tetapi sering kita lebih suka menonton pertandingan liga-liga di Eropa atau Amerika Latin.

Halaman
12
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved