PosKupang/

Kesbangpol NTT Gelar Rapat Koordinasi Dengan Pihak Keamanan dan Ormas

Ini tujuannya mengapa Kesbangpol NTT menggelar rapat koordinasi dengan aparat keamanan

Kesbangpol NTT Gelar Rapat Koordinasi Dengan Pihak Keamanan dan Ormas
Pos Kupang/Andri Atagoran
Pelaksana tugas Sekda NTT, Emanuel Kara 

Laporan Reporter Pos Kupang, Andri Atagoran

POS KUPANG.COM, KUPANG - Sebanyak 95 Peserta menghadiri Rapat Peningkatan Kerjasama Dengan Aparat Keamanan Dalam Teknik Pencegahan Kejahatan Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Hotel Ima, Kupang, Jumat (28/7/2017).

Peserta Kegiatan yang diselenggarakan Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) NTT tersebut terdiri dari Kaban Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT, Perwakilan Kelurahan dan Kecamatan sekota Kupang, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan? se-NTT, TNI, dan Polri.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya melalui Pelaksana Tugas Sekda NTT, Emanuel Kara saat membuka rapat mengatakan, kegiatan tersebut dapat memunculkan kerjasama yang sinergis antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini terhadap potensi kerawanan terjadinya konflik sosial di daerah.

"Terciptanya keamanan dan kenyamanan di masyarakat sebagai prasyarat dasar dan landasan dalam pelaksanaan segala aktifitas kehidupan bermasyarakat NTT dengan baik," kata Eman.

Eman menambahkan, fenomena yang berkembang dimana isu radikalisme, terorisme, dan konflik tapal batas antara desa merupakan ancaman aktual keamanan yang semakin intens dan nyata.

"Oleh karena itu saya mengajak semua pihak mulai dari pemda, aparat keamanan, organisasi kemasyarakatan, LSM, dan mahasiswa untuk bersinergi menjaga stabilitas keamanan dan mensosialisasikan kehidupan yang rukun dan berdampingan serta wawasan kebangsaan kepada masyarakat," ujar Eman.

Ketua pelaksana kegiatan sekaligus Kabid Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol NTT, Feri D Sigakole, SIP mengatakan, kegiatan ini bermaksud membangun koordinasi dengan seluruh aparatur pemerintah dan komponen strategis masyarakat dalam menangkal potensi ancaman keamanan di tengah masyarakat.

"Tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan keterpaduan, keserasian, dan kesamaan persepsi dalam pencegahan dan penanggulangan tindak kejahatan atau konflik di berbagai daerah," kata Feri. (*)

Penulis: Andri Atagoran
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help