PosKupang/

Pelaku Perdagangan Orang Ditangkap

Ini penjelasan Kabid Humas Polda NTT terkait dengan penangkapan pelaku perdagangan orang di Jakarta

Pelaku Perdagangan Orang Ditangkap
Net
Ilustrasi 

Laporan Reporter Pos Kupang, Eflin Rote

POS-KUPANG.COM, KUPANG - AP alias A (49) diamankan penyidik Dit Reskrimum Polda NTT dan Satgas TPPO Mabes Polri. AP ditangkap di Bekasi pada Jumat malam (21/7/2017) atas tindak pidana perdagangan orang.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abrahan Abast membenarkan penangkapan ini. Menurut Jules, saat ini tersangka masih menjalani proses penyelidikan oleh tim penyidik Dit Reskrimum Polda NTT.

"Tersangka dibawa dari Jakarta hari Sabtu (22/7/2017) ke Kupang. Kita masih melakukan pendalaman terhadap kasus ini," ucap Jules, Rabu (26/7/2017) di Kupang.

Awalnya, korban Maria Barkanis (17) asal Neomuti, Kabupaten TTU direkrut oleh seorang perempuan berinisial TN (40) pada 22 Juni 2016 untuk menjadi tenaga kerja. Korban kemudian dibawa ke Kupang menggunakan bus dari kampung halamannya.

Tiba di Kupang, korban dijemput IAK dan langsung dibawa ke rumah Hasan dan menginap selama satu malam. Lanjut Jules, korban diberangkatkan ke Jakarta keesokan harinya menggunakan pesawat Lion Air.

Setibanya di Jakarta, korban dijemput oleh AP alias A yang merupakan Dirut PT GTB dan dibawa ke tempat penampungan selama dua hari sambil menanti majikan di Jakarta menjemput.

"Tapi tanggal 26 Juni 2016, korban dipulangkan ke Kupang atas desakan dan permintaan orangtua korban," terang Jules.

Dua pelaku atau tersangka lainnya yakni TN dan IAK telah mendapatkan vonis Pengadilan Negeri Kefamenanu.

"Pelaku diduga melanggar UU No 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang," tandasnya. (*)

Penulis: Eflin Rote
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help