Lanjutan Sidang Kasus Korupsi Dana PLS NTT, Dira Tome Segera Ajukan Duplik

Yohannis D Rihi, S.H, Ketua Tim Penasihat Hukum Ir. Marthen L Dira Tome, mengatakan hal ini kepada Pos Kupang, Minggu (23/7/2017).

Lanjutan Sidang Kasus Korupsi Dana PLS NTT, Dira Tome Segera Ajukan Duplik
Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere
Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome (kaca mata) didampingi penasehat hukum John Rihi S.H, (baju mera kerak putih) sedang diwawancarai sejumlah wartawan di Bandara Eltari Kupang, NTT, Sabtu (22/8/2015), usai menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus dugaan korupsi dana PLS sebesar Rp 77 miliar, Jumat (21/8/2015). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Terdakwa kasus dugaan korupsi dana Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di NTT, Ir. Marthen Luther Dira Tome melalui tim penasihat hukumnya, akan menyampaikan duplik untuk menanggapi replik dari JPU KPK dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

Sebelumnya, Dira Tome dituntut 12 tahun penjara dan denda Rp 250 juta, ditambah ganti rugi Rp 3,7 miliar.

Yohannis D Rihi, S.H, Ketua Tim Penasihat Hukum Ir. Marthen L Dira Tome, mengatakan hal ini kepada Pos Kupang, Minggu (23/7/2017).

Menurut Rihi, pihaknya telah siap dengan duplik terhadap replik JPU.

Duplik ini akan dibacakan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (24/7/2017).

"Sejak adanya replik dari penuntut umum, kami langsung menyusun duplik untuk dibacakan lagi dalam sidang," kata Rihi.

Dia menjelaskan, tuntutan JPU terhadap klien mereka sepertinya sebatas anggapan jaksa, bukan berdasarkan fakta-fakta persidangan sebelumnya.

Bahkan, dalam tuntutan yang dibacakan jaksa, terkesan bahwa jaksa beranggapan bahwa seluruh aliran uang merupakan tanggung jawab Dira Tome.

"Kita sudah sampaikan itu dalam pleidoi. Karena ada replik dari penuntut umum, maka kami kembali sampaikan duplik. Dalam replik JPU itu, saya pertanyakan juga karena tidak menjawab substansi dalam pembelaan yang kami ajukan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved