PosKupang/
Home »

Video

VIDEO: Kurang Sosialisasi, PPDB Online Tahun Ini Harus Disesuaikan

Ini penjelasan dari Kepala SMPN I Kupang terkait dengan sistem penerimaan siswa baru sesuai dengan aturan menteri

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Para orang tua yang mengetahui anak mereka tidak lulus di bangku SMP pilihan geram. Pasalnya, ketiga sekolah yang dipilih saat melakukan pendaftaran secara online, semuanya tidak diterima.

Pantauan Pos Kupang, Senin (17/7/2017) di SMP N 2 Kupang, seorang Ibu menceritakan kekesalannya kepada para orang tua yang sedang menanti penempelan persyaratan pendaftaran ulang.

Dengan wajah kesal, mama Bunga (bukan nama sebenarnya) menyatakan tidak menerima dengan sistem zona ini karena tiga sekolah yang menjadi pilihan yaitu SMPN 1, SMPN 2 dan SMP N 5 tidak diterima. Padahal ia bermukim di kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo.

"Saya rasa aneh tiga sekolah tidak diterima. Kalau salah satu sekolah diterima tidak masalah, ini semuanya tidak terima. Saya tanya ke guru di sini katanya tidak tau. Tetangga punya anak rumah berdampingan saja diterima. Ada apa di balik itu semua," tuturnya.

Kata Mama Bunga, buktinya ada bahwa anak tetangganya masuk tetapi anaknya tidak. Sistem zona ini akhirnya membuat jadi rumit.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kupang, Thimotius M Selly, S.Pd, M.M, ketika ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, ada juknis untuk PPDB berdasarkan Permendikbud nomor 17 tahun 2017.

Pemerintah mengendalikan sistem PPDB yang dibagi kuota. Khusus SMPN 1 ada 11 rombongan belajar (rombel), setiap rombel terdiri dari 32 orang.

Hal itu berarti siswa yang diterima 352 orang. Kemudian dibatasi dengan zona yaitu zona satu, zona dua dan di luar zona.

SMPN 1, lanjutnya, zona satu adalah kelurahan Oetete sedangkan zona dua terdiri dari 11 kelurahan yang radiusnya dengan sekolah sangat berdekatan, seperti kelurahan Nunleu, Fatu Besi, Bonipoi, Kampung Solor, Oebobo, Naikoten dan lainnya.

Jadi PPDB Online, orangtua ataupun anak mendaftarkan sendiri di internet melalui website yang diberikan oleh Dinas Pendidikan. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help