PosKupang/

Tokoh NTT Ignasius Iryanto Mendukung Perppu 2 Tahun 2017

Pertama, Perppu itu dianggap memusuhi umat Islam. "Ini salah total,"ujar Ignas Selasa 18 Juli 2017

Tokoh NTT Ignasius Iryanto Mendukung Perppu 2 Tahun 2017
ISTIMEWA
Iryanto Djou 

POS KUPANG.COM - Ignasius Iryanto, tokoh asal Nusa Tenggara Timur (NTT) mendukung penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No 2 tahun 2017.

Perppu ini antara lain dibuat untuk mencegah berkembangnya ormas yang bertentangan dengan pancasila tetapi berafiliasi secara ideologi dengan kelompok radikal.

Ada sejumlah kalangan yang menentang diterbitkannya Perppu tersebut dengan sejumlah argumentasi. Sayangnya, sejumlah argumentasi yang berkembang itu cenderung menyesatkan.

Ignasius Iryanto, mengidentifikasi beberapa sesat pikir dari kelompok yang kontra dengan diterbitkannya Perpuu No.2 tahun 2017 itu.

Pertama, Perppu itu dianggap memusuhi umat Islam. "Ini salah total,"ujar Ignas Selasa 18 Juli 2017.

Menurut pria dengan nama lengkap Ignasius Iryanto Djou ini, Perppu ini keluar setelah berbagai perkembangan termasuk pernyataan tegas dari 14 ormas Islam yang menghendaki pemerintah bersikap tegas terhadap organsisai radikal penolak pancasila.

"Jika ada organsasi non muslim yang menolak pancasila, mereka juga harus dibubarkan,"ujar pria kelahiran Ende, Flores 28 Februari 1962 ini.

Sesat pikir kedua dari kelompok penentang Perppu ini, menurut Ignas adalah menganggap Perppu ini mencederai kebebasan berpendapat dan berorganisasi.

Menurut Ignas, mereka yang berpikir seperti ini memahami kebebasan sebagai sesuatu yang tanpa batas. Padahal, setiap kebebasan selalu dibatasi dengan tanggung jawab.

"Dalam negara ini setiap kebebasan dalam bentuk apa pun dibatasi oleh komitmen kebangsaan yang telah menjadi konsensus nasional. Adalah tanggung jawab seluruh warga untuk menjaga dan merawat konsensus tersebut. Setiap penggunaan kebebasan yang jelas bertentangan dengan konsensus tersebut tidak boleh dibiarkan dan harus ditentang,"ujar bakal calon gubernur/wakil gubernur NTT pada pilkada NTT tahun 2018 ini.

Halaman
12
Editor: Ferry_Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help