PosKupang/

Harganas di Lampung

Remaja ABG Meliuk-liuk, Ny. Lusia Adinda Lebu Raya Terpana Saksikan 'Ngunduh Damakh'

Alunan musik tradisional lokal dengan hiasan gamelan dan gong khas Lampung mengundang decak kagum ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

Remaja ABG Meliuk-liuk, Ny. Lusia Adinda Lebu Raya Terpana Saksikan 'Ngunduh Damakh'
ISTIMEWA
TARIAN-Tarian Ngunduh Damakh memeriahkan acara Puncak Harganas XXIV di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Kota Bandar Lampung, Sabtu (15/7/2017). 

BANDAR LAMPUNG, POS KUPANG.COM --Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Sabtu (15/7/2017) berlangsung meriah.

Alunan musik tradisional lokal dengan hiasan gamelan dan gong khas Lampung mengundang decak kagum ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Alunan musik ini mengiring para peserta memasuki arena upacara yang tendanya dibaluti hiasan merah putih.

Penampilan Tari Ngunduh Damakh yang merupakan produksi bersama Pemda Pesisir Barat dan Pemerintah Provinsi Lampung  membuat arena yang menjadi lautan manusia bersorak gegap gempita. Tari massal ini didukung oleh siswa siswi SMAN I Pesisir Tengah, SMAN I Pesisir Selatan, MAN Krui, dan SMKN I Pesisir Tengah.

Peserta dari Nusa Tenggara Timur (NTT), yang menghadiri perayaan puncak ini, Wakil Gubernur NTT, Benny Alexander Litelnoni; Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Lusia Adinda Lebu Raya; Wakil Ketua Tim Penggerak NTT, Ny. Fransisca Litelnoni, yang duduk di barisan depan di tenda upacara, pun terpana menyaksian tarian kolosal ini.

Turut menyaksikan, Kepala Perwakilan BKKBN NTT, Marianus Mau Kuru, SE, MPH; Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Paul Mella, dan beberapa kepala dinas BKKBN dari kabupaten/kota.

Perayaan puncak yang sebelumnya diagendakan dihadiri Presiden Joko Widodo, diwakili Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Acara diawali sapaan selamat datang oleh Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, S.Pi, M.S, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana Pembangunan kepada bupati dan walikota di Indonesia yang dinilai berhasil memimpin pembangunan di daerahnya.

Pantauan Pos Kupang, ketika memberikan sambutan Puan lebih banyak berdialog dengan para peserta yang dominan ibu-ibu anggota PKK dan anggota UPPKS dari seluruh Indonesia. Selain berdialog, Puan juga memberi pertanyaan kepada peserta Harganas seputar program PKK. Salah satu yang ditanya Puan adalah 10 program pokok PKK.

Bagi yang bisa menjawab dengan benar, maka mendapat sepeda dari Presiden Jokowi. Salah satu peserta yang mendapat sepeda adalah anggota PKK dari Way Kanan. Kepada yang bersangkutan, Puan bertanya mengenai 10 program pokok PKK.

Meski hanya mampu menjawab lima program pokok PKK, Puan tetap memberikan sepeda dari Jokowi.

Selain anggota PKK, anak Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu juga bercanda dengan paduan suara yang menyanyikan lagu nasional.

Puan mengatakan, "Kok gak nyambung ya kalian bernyanyi dan bermain musik". Mendengar itu, sontak para tamu undangan tertawa dan bertepuk tangan, karena Puan mengerjai para peserta yang ingin mendapatkan sepeda dari kepala negara.

Seusai membagikan sepeda, Puan kembali melanjutkan sambutannya. Dia mengingatkan para keluarga untuk mengonsumsi makanan bergizi. Sebab, makanan bergizi dapat membentuk keluarga yang sejahtera.

"Karena aspek pertama yang harus diperhatikan adalah kesehatan. Kami harus bisa membangkitkan keluarga yang sehat," katanya. (eni)

Penulis: benny_dasman
Editor: benny_dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help