PosKupang/

Pameran dan Gelar Dagang Harganas , Warga Lampung Terpikat Pesona Tenun NTT

Pameran sekaligus gelar dagang tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tahun 2017.

Pameran dan Gelar Dagang Harganas , Warga Lampung Terpikat Pesona Tenun NTT
ISTIMEWA
ISTIMEWA TENUN IKAT NTT--Memproduksi tenun ikat dengan aneka motif merupakan bisnis yang paling banyak digeluti oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di NTT. Selain dijual dalam bentuk kain, tenun ikat NTT juga banyak dimodifikasi untuk busana pria dan wanita sebagaimana diperagakan.

BANDAR LAMPUNG, POS KUPANG.COM- Puluhan industri kreatif, baik Usaha kecil menengah (UKM,) perwakilan BKKBN, PKK, maupun pemerintah daerah dari seluruh Indonesia, membuka stan pameran di halaman gedung Sumpah Pemuda Lampung Sakti, Kota Bandar Lampung, Jumat (14/7/2017).

Pameran sekaligus gelar dagang tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tahun 2017.

Gelaran yang diwarnai penyerahan hadiah lomba-lomba PKK yang digelar BKKBN Pusat sebelumnya tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua Penggerak PKK Pusat, Ny. Ernigunarti Tjahjo Kumolo.

Sementara, Ketua Penggerak PKK Lampung, Yustin Ridho Ficardho, berharap pameran dagang ini dapat menjadi ajang promosi dagang hasil produksi, khususnya industri kreatif.

"Dengan ajang ini, bisa memperkenalkan produk-produk dari masyarakat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan, khususnya pada keluarga," ujar Yustin.

Seusai seremoni pembukaan yang diwarnai pemukulan gong, Ny. Ernigunarti didampingi Ny. Yustin Ridho, meninjau seluruh stand yang sudah dipenuhi para pengunjung yang ingn memburu hasl kerajinan dari berbagai daerah.

Tak ketinggalan Ny. Ernigunarti mengunjungi stand pameran NTT yang memamerkan hasil kerajinan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) binaan BKKBN NTT.

Di stand NTT, Ny. Ernigunarti terlihat memikat melihat pesona tenun ikat Flobamorata yang bercorak warna-warni. Selain kain tenunan, ada juga hasil produk UPPKS NTT lainya, yakni kopiah tenunan, jas, tasbih kayu cendana, dompet, dan aneka kerajinan lainnya.

Para pengunjung tertegun melihat tenunan NTT karena diproduksi secara tradisional menggunakan pewarna alami. Karena pesonanya, banyak pengunjung yang berselfie di stand NTT berlatarbelakang pajangan kain tenunan warna-warni. Bahkan ada yang menggunakannya sebagai selempang agar gaul saat berselfie.

"Pameran dan gelar dagang ini merupakan ajang promosi atau media bagi kelompok-kelompok UPPKS setelah mereka merasakan ikut KB, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarganya," ujar Kepala Perwakilan BKKBN NTT, Marianus Mau Kuru, SE, MPH, di arena pameran dan gelar dagang di Bandar Lampung, Jumat (14/7/2017).

Marianus mengatakan, ikut sertanya BKKBN NTT dalam menggelar hasil karya rumah tangga NTT pada Harganas di Bandar Lampung untuk membantu meningkatkan semangat kelompok usaha kecil di NTT.

"Pameran ini merupakan upaya mempromosikan produk home industri asal NTT ke daerah luar. Barang yang dipamerkan tersebut merupakan produk dari usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) binaan BKKBN NTT," terangnya.

Selain kelompok UPPKS binaan BKKBN NTT, pameran ini juga diikuti kelompok UPPKS Kota Kupang yang juga memamerkan aneka produk tenun. Stand Kota Kupang juga dipenuhi para pengunjung yang kebanyakan membeli aneka dompet, tasbih, sarung dan produk fashion.

Pameran dagang yang berlangsung selama tiga hari sejak Kamis (13/7/2017) hingga Sabtu (15/7/2017), ini diikuti 175 stan. (eni

Penulis: benny_dasman
Editor: benny_dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help