PosKupang/

Kemah Keluarga Indonesia di Lampung, Keluarga Joise Sanoe Bangga Wakili Nusa Tenggara Timur

ibuan peserta dari 24 provinsi di Indonesia meramaikan Kemah Keluarga Indonesia (KKI) di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Kamis (13/7/2017) malam.

Kemah Keluarga Indonesia di Lampung, Keluarga Joise Sanoe Bangga Wakili Nusa Tenggara Timur
ISTIMEWA
Tenda kemah keluarga 

BANDAR LAMPUNG, POS KUPANG.COM-Ribuan peserta dari 24 provinsi di Indonesia meramaikan Kemah Keluarga Indonesia (KKI) di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Kamis (13/7/2017) malam.

KKI ini merupakan yang pertama kali digelar dalam sejarah BKKBN menggelar seremoni peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas). Untuk Harganas selanjutnya, KKI merupakan agenda wajib yang digelar untuk mensosialisasikan pendidikan karakter.

KKI yang dibuka Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, M.Si, itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV 2017. Peserta KKI dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diwakili Keluarga Joise Sanae dari Kelurahan Nunleu, Kota Kupang. Keluarga Joise terkategori keluarga prasejahtera yang telah lama mengikuti program keluarga berencana (KB).

Mengikuti KKI di Lampung keluarga Joise Sanoe difasilitasi BKKBN Pusat dengan pendamping dari BKKBN Provinsi NTT. Tak hanya Joise Sanae sebagai kepala keluarga yang mengikuti KKI, tetapi juga sang istri Ona Sanoe dan dua anak mereka, Cecen Sanoe dan Ilen Sanoe.

Selama mengikuti KKI yang berlangsung 13 - 15 Juli 2017, keluarga Joise Sanoe menginap di kemah-kemah yang telah disiapkan panitia bersama keluarga lainnya untuk memudahkan interaksi dengan 200 keluarga lainnya. Satu kemah berukuran 3 x 4 meter dihuni satu keluarga (empat jiwa).

Suasana pembukaan KKI berlangsung semarak, ditandai penekanan tombol sirene oleh Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo. Sesuai penekanan tombol sirene, Gubernur Ficardo bersama para petinggi BKKBN dari Jakarta dan anggota Forkompinda Lampung meninjau kemah-kemah yang dihuni para peserta KKI.

Para peserta KKI yang berbusana sesuai kekhasan daerah masing-masing menyambut gubernur dengan ramah. Tak ketinggalan seusai,peninjauan oleh Gubernur Lampung, Kepala Perwakilan BKKBN NTT, Marianus Mau Muru, SE, MPH, didampingi Kepala Bidang Keluarga Sejahtera/PK BKKKBN NTT, Mikhael Minggu, meninjau kemah yang dihuni keluarga Joise Sanoe.

Marianus pun berdialog dengan keluarga Joise Sanoe yang menyebut mereka sebagai duta NTT dan memberikan yang terbaik selama mengikuti KKI untuk menimba pendidikan karakter yang mencirikan keluarga sebagai tempat berkumpul, berbagi, berinteraksi dan berdaya guna.

"Nilai-nilai ini yang harus disosialisasikan kepada peserta KB lainnya dan masyarakat umum ketika kembali ke Kupang. Keluarga Joise juga harus menjadi pelopor untuk mengkampanyekan program keluarga berencana kepada keluarga lainnya agar hidup sejahtera," pesan Marianus.

Sementara Joise Sanoe mengaku bangga menjadi duta NTT mengikuti KKI di Lampung. "Saya bangga mengikuti KKI ini dan berbaur dengan keluarga-keluarga lainnya dari eeluruh Indonesia. Kami tidak merasa minder sedikit pun," ujar Joise yang mengaku seusai mengikuti KKI ini dan kembali ke Kupang memotivasi keluarga lainnya untuk mengikuti keluarga berencana (KB).

Sebelumnya, pada pukul 10.00 hingga pukul 13.00 Wib, Kamis (13/7/2017),digelar seminar nasional bertajuk, "Menciptakan keluarga sehat melalui pendekatan keluarga dan masyarakat hidup sehat," di Hotel Emersia, Bandar Lampung.

Seminar menghadirkan pembicara dr. Boyke Dian Nugraha, SPOG, MARS dan dr. Asti dari Kementerian Kesehatan RI. (eni)

Penulis: benny_dasman
Editor: benny_dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help