Terpilih Secara Aklamasi Arief Hidayat Kembali Jabat Ketua MK

Arief Hidayat berpeluang tidak akan menyelesaikan masa kepemimpinannya sampai 2020

Terpilih Secara Aklamasi Arief Hidayat Kembali Jabat Ketua MK
Tribunnews.com/Imanuel Nicolas
Ketua MK Arief Hidayat 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Arief Hidayat kembali terpilih sebagai ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode 2017-2020.

Arief terpilih secara aklamasi melalui permusyawaratan sembilan hakim konstitusi.

"Hakim sepakat untuk kemudian memperpanjang kepemimpinan saya Arief Hidayat untuk melanjutkan pada masa kepemimpinan sampai habis masa jabatan saya ketua ini bersama dengan habisnya keanggotaan saya sebagai hakim anggoa MK," kata Arief Hidayat saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Jumat (15/7/2017).

Musyawarah pemilihan ketua baru MK, kata Arief, berlangsung secara kekeluargaan namun tidak mengurangi independensi dan imparsialitas hakim.

Sebelum dilakukan pemilihan, sembilan hakim menyampaikan pendapat, kritik, saran dan segala sesuatunya yang diperuntukkan untuk ketua selanjutnya.

"Kita introspeksi kekurangan Mahkamah selama ini, ditindaklanjuti masukan dan saran yang akan dipilih kemudian. Kemudian baru dimulai siapa yang akan mengemban jabatan 2,5 tahun ke depan," ungkap Arief.

Dengan demikian, pemilihan ketua MK tidak dilanjutkan ke tahap pemungutan suara atau voting secara terbuka seperti pemilihan sebelumnya.

Arief Hidayat berpeluang tidak akan menyelesaikan masa kepemimpinannya sampai 2020 karena masa jabatannya sebagai hakim MK hanya sampai April 2018.(*)

Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved