Astaga ! Kapal Turis `Nex Chapter' Terbakar di Maumere

Kapal milik Warga Negara Australia, Mark Aidan ludes terbakar di perairan Maumere, Jumat (14/7/2017)pagi.

Astaga ! Kapal Turis `Nex Chapter' Terbakar di Maumere
POS KUPANG
Mark Aidan, nahkoda yang juga pemilik kapal naas itu, dirawat di RSU TC. Hillers Maumere 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Eginius Mo'a

POS KUPANG.COM, MAUMERE - Kapal Nex Chapter milik wisatawan asing yang baru saja lego jangkar di sebelah utara Pelabuhan Lorens Say, ludes terbakar.

Nahkoda kapal yang adalah pemilik kapal naas itu, Mark Aidan, warga Negara Australia selamat dari tragedi kebakaran kapal itu. Mark terpaksa dirawat di RSU TC. Hillers Maumere.  

"Kapal baru sandar tadi pagi (Kamis). Saya juga sempat lihat kapal pesiar yang lain ditambatkan di depan TPI (Tempat pendaratan ikan). Ternyata yang terbakar ini baru datang,"ujar Nong, salah seorang saksi mata.

Nong menuturkan, ketika api telah membumbung tinggi ke udara, tiang kapal itu rubuh. "Cukup mengerikan lihat tiangnya jatuh, tidak ada yang bisa menolong selamatkan kapal ini," kisah Nong.

Pos Kupang.Com  bersama Marine Inspektorat Kesyhbandaran dan Otoritas Pelabuhan Lorens Say,Alexander Shendy Malinta, menumpang perahu motor mendatangi lokasi kebakaran dari jarak puluhan meter, juga tak menemukan lagi crew kapal itu. Para nelayan melintas di sekitar kapal naas itu menyaksikan seorang pria melompat keluar ketika terjadi kebakaran.

Alexander mengumpulkan informasi dari kapal wisatawan lainnya menyebutkan, kapal naas ini ditumpangi pasangan pria dan wanita, kemungkinan suami dan istri. Kedua kapal ini tiba hampir bersamaan dari arah utara Laut Flores.

"Mereka belum sempat melapor kepada kami. Kami juga belum tahu pemilik kapal dan asal-usul negaranya," kata Alex.

Keterangan diperoleh Alex, api diduga berasal dari dapur, kemungkinan lupa dimatikan setelah mereka melakukan aktivitas di dapur. Pada saat itu itu, sang wanita turun ke darat mendatangi Kantor Imigrasi Maumere melaporkan keberadaan mereka.

"Kita duga sumber api dari dapur. Tapi keterangan lebih lanjut akan kita dengar dari pemilik kapal," kata Alex.

Informasi lain yang dihimpun Pos Kupang menyatakan, kapal naas ini ditumpangi Mark Aidan dan Jennie Lee, warga Negara Australia.

Ketika terjadi musibah, Mark hanya sendirian berada di kapal sedangkan Jennie melapor diri ke Kantor Imigrasi Kupang.

Mark berada di bagian atas kapal menyaksikan kobaran api dari dapur telah menghanguskan bagian belakang kapal. Karena panik, Mark meloncat ke laut kemudian ditolong `tug boat' yang lewat.

Pada Jumat siang, Mark dibawa ke RSUD dr.T.C.Hillers menjalani perawatan di rumah sakit itu

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Gerardus Manyela
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help