PosKupang/

Begini Cara PLN Dukung Pariwisata di Labuan Bajo

Sejak Januari, sudah 19 unit gardu yang melayani hotel dan restoran serta ada sebagian kecil kantor pemerintah dan swasta

Begini Cara PLN Dukung Pariwisata di Labuan Bajo
POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS
Salah satu hotel berbintang di Labuan Bajo. Gambar diambil, Sabtu (8/7/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Servan Mammilianus

POS KUPANG. COM, LABUAN BAJO - Demi menjaga kualitas pelayanan terhadap para wisatawan dan tamu-tamu yang menginap di hotel di Labuan Bajo, PLN setempat menyiapkan gardu tersendiri bagi masing-masing hotel dan restoran yang membutuhkan daya di atas 41.500 VA.

Sejak Januari hingga Juli 2017 ini, sudah 19 unit gardu yang melayani hotel dan restaurant serta ada sebagian kecil kantor pemerintah dan swasta di kota pariwisata itu.

Sedangkan total semua gardu PLN untuk pelayanan pribadi bagi pelanggan, sejak tahun sebelumnya sampai sekarang sebanyak sekitar 49 unit.

Manager PLN Labuan Bajo, Yuniarto menyampaikan bahwa untuk tahun 2017 ini, jumlah pelanggan potensial di kota itu sebanyak 27 pelanggan. Mereka juga berpeluang untuk dilayani gardu tersendiri.

"Asalkan pelanggan yang mau dilayani gardu tersendiri itu, harus menyiapkan lahan sekitar 2x2 meter. Selain hotel atau restaurant, kantor pemerintah dan swasta serta rumah sakit juga dilayani gardu tersendiri sehingga tidak terganggu. Gardu untuk hotel dan restaurant merupakan bentuk dukungan PLN, terhadap pengembangan pariwiasata," kata Yuniarto saat dikonfirmasi Hari Minggu (9/7/2017).

Disampaikannya, saat ini pihak PLN sedang melakukan penguatan sitem dari Labuan Bajo ke PLTMG Rangko. Dalam bentuk penanaman tiang untuk evakuasi daya.

Selain itu, pemasangan gardu-gardu juga dilakukan dari PLTD Golo Bilas ke gardu induk Golo Bilas, lalu ke PLTD Gorontalo.

Sedangkan three way yaitu alat untuk manuver otomatis agar suplai listrik bisa dari dua sumber, telah dipasang di dua tempat.

Keduanya yaitu untuk jalur kantor bupati dan Wae Mata serta untuk jalur Kampung Ujung dan jalur Kantor Bupati.

Khusus jalur RSUD Marombok sudah diusulkan untuk jalur tersendiri, yakni dari PLTD Golo Bilas ke Marombok hingga sarana milik PDAM di Wae Mese.

Dengan demikian, kalau terjadi gangguan di Lembor maka di jalur itu tidak akan ikut terganggu.
Warga berharap agar PLN tetap terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

"Tentu kita harus apresiasi atas upaya dari PLN Labuan Bajo selama ini. Harapannya agar tidak ada lagi pemadaman listrik dan kualitas pelayanan terus ditingkatkan," kata warga Labua Bajo, Martina Lian pada Minggu itu.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help