Berita Kota

VIDEO: 30 Sekolah Buka Pendaftaran Secara Online

Walikota Kupang secara resmi melakukan Launching sekaligus pembukaan pelatihan aplikasi bagi Kepala SMP dan SD yang berjumlah 30 orang

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM, KUPANG-- Pemerintah Kota Kupang bekerja sama dengan PT Telkom melakukan penandatangan MoU Launching Aplikasi SIAP Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan BIS ONLINE SD-SMP Lingkup Pemkot Kupang, di Aula Telkom-Jl. W.J. Lalamentik Oepoi. Mulai 10 Juli 2017 akan ada 10 SD dan 20 SMP yang melakukan PPDB secara online.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Filmon Lulupoy, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/7/2017), diharapkan tahun depan melalui pemerintahan baru semua sekolah sudah bisa melakukan PPDB secara online.

Saat ini SD yang akan melakukan penerimaan secara online di antaranya SD Kelapa Lima, SD Maulafa, SD Inpres Naikoten dan SD lainnya yang berjumlah 10 SD dari 145 SD. Sedangkan untuk mulai dari SMP 1 sampai dengan SMP 20 dari 58 SMP.

Filmon menjelaskan Walikota Kupang secara resmi melakukan Launching sekaligus pembukaan pelatihan aplikasi bagi Kepala SMP dan SD yang berjumlah 30 orang.

Program ini dinamakan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pendidikan ( SIAP ). Layanan pendidikan akan dimulai dengan pelaksanaan dalam waktu dekat melalui PPDB, pengelolaan dana bos dan pengelolaan administrasi sekolah secara online, sehingga hari ini para kepala sekolah akan dilatih selama beberapa hari.

Sistem ini akan disosialisasikan melalui media massa agar sampai pasa masyarakat karena tanggal 10 Juli penerimaan sudah dibuka. Siswa bisa mendaftar dari tempatnya berdomisili. Setelah itu kartu pendaftaran akan di-print dan dibawa ke sekolah yang dituju.

"Juknis sudah siap, perangkat IT sudah siap. Setiap sekolah punya server dan usernya ada di dinas. Dengan adanya itu berarti melalui program ini meningkatkan mutu layanan pendidikan kepada masyarakat, pengelolaan manajemen administrasi sekolah berbasis IT dan irit biaya serta waktu. Sistem ini merupakan sistem lengkap. PPDB hanya bagian dari program pengelollan rutin itu dana bos dan administrasi sekolah," tuturnya.

PPDB akan dibuka mulai 10-13 Juli 2017
Walikota Kupang, Jonas Salean, mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi layanam informasi secara online guna meningkatkan transparansi dan efisiensi bagi institusi pendidikan dan dinas terkait.

"Mulai 10 Juli penerimaan siswa SD dan SMP menggunakan sistem online. Jadi siswa tidak datang di sekolah lagi. Dari rumah bisa mendaftar anaknya sesuai dengan sekolah yang dinginkan. Ini satu upaya kita didalam memberikan pelayanan yang lebih mudah kepada orangtua dan siswa itu sendiri. Operasional mulai tanggal 10, diharapkan bapak dewan mendukung program ini sehingga tidak ada lagi titipan-titipan. Karena sistemnya zona," tutupnya. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help